Gandeng SIG, Unirow Hasilkan Puluhan Karya

Kotatuban.com – Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban bekerjasama dengan PT Semen Indonesia (Perseo) Tbk (SIG) dalam berbagai bidang. Sehingga, kerjasama yang bertajuk Collaborative Grants Program (CGPro) tersebut selama tahun 2020 ini sedikitnya menghasilkan 32 karya. Yakni, 8 judul penelitian dari 7 prodi, 8 judul pengabdian kepada masyarakat dari 8 prodi, dan 16 judul artikel ilmiah dari 12 prodi yang dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah nasional.

Hal tersebut diungkapkan, Rektor Unirow Tuban, Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes, pada seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat CGPro dan laporan akhir implementasi kerjasama Unirow Tuban dan Semen Indonesia di gedung Rektorat Unirow Tuban, Selasa (8/12).

“Unirow telah bekerjasama dengan Semen Indonesia sejak tahun 2018 lalu. Dan telah banyak menghasilkan penelitian-penelitian maupun kajian,” ungkapnya.

Menurutnya, program ini telah memfasilitasi dan mewadahi pelaksanaan kerjasama antara pihak Unirow dan pihak perusahaan maupun secara internal dengan pihak dosen-dosen unirow. Implementasi hasil kerjasama selama tahun 2020, CGPro mampu membantu pendanaan internal dalam tugas tridharma perguruan tinggi bagi dosen-dosen Unirow.

“Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan mencakup bidang lingkungan, pendidikan, sosial, politik, ekonomi dan kemaritiman,” tambahnya.

Selain membantu mengelola dana, kerjasama Unirow dan SIG dan tim CGPro juga melaksanakan  seluruh pelaksanaan kegiatan kerjasama dengan unit tambang maupun dengan  unit pemberdayaan masyarakat. Dengan pelaksanaan kegiatan kerjasama tersebut diharapkan mampu mendorong Unirow menuju kampus merdeka dan melaksanakan kegiatan tridharma perguruan tinggi.

“Semoga kerjasama yang dilakukan unirow dan Semen Indonesia menjadi semakin lebih banyak, sehingga Unirow mampu menunjukkan kualitas SDM yang dimiliki dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,  lingkungan dan negara,” harapnya.

Sementara itu, Manager of Land Reclamation Semen Indonesia Eko Purnomo, mengatakan dari kajian dan penelitian dari Unirow yang terkait dengan CGPro mendapat penghagaan diamond word. Itu bukti bahwa Unirow bisa diakui nasional dan bisa diapresiasi dan itu membanggakan Semen Indonesia dan Unirow.

“Kami berharap kedepan, kerjasama-kerjasama baik ini akan kita  suport apresiasi dan apresiasi apa yang dilakukan. Dan kami mengajak semua kaum civitas akademik yang ada di Tuban maupun para peneliti untuk terus berkarya,kami bisa memfasilitasi dan kami sangat terbuka terutama di tambang dan CSR,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban