Hadapi MEA Siswa Diasah Keterampilan

image
Siswa saat belajar ketrampilan

kotatuban.com – Mempersiapkan diri untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tidak hanya dilakukan oleh pelaku usaha saja. Namun, sekolahan utamanya tingkat SMA juga membekali berbagai keterampilan untuk meningkatkan daya saing siswa dalam MEA tersebut.

Salah satu sekolah tingkat SMA di Tuban yang membekali dengan berbagai keterampilan adalah SMA Mualimin Tuban. Keterampilan tersebut diberikan kepada para siswa sebagai bekal untuk meningkatkan daya saing dalam menghadapi persaingan dunia kerja.

”Untuk saat ini kita mengajarkan kepada anak-anak keterampilan mulai mendesain sampai menjahit pakaian. Asah keterampilan ini merupakan upaya pihak sekolah dalam membekali siswa, khususnya dalam menghadapi MEA,” jelas Guru Keterampilan SMA Mualimin Tuban, Dwi Budi Susiatin kepada kotatuban.com, Sabtu (05/03).

Menurutnya, pada asah keterampilan tersebut siswa tidak hanya diberi materi dan praktik saja. Akan tetapi, para siswa juga diberikan motivasi dan strategi dalam menghadapi MEA. Cara ini dilakukan agar siswa memiliki pola pikir yang produktif dan tidak bersikap konsumtif saja.

”Anak-anak kami ajak berpola pikir yang produktif dan kreatif dalam membuat keterampilan. Selain itu, mereka juga diarahkan agar tidak menjadi masyarakat yang konsumtif dan memiliki daya saing yang tinggi,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban