Hadapi Pasar Global, UKM Perlu Tingkatkan Promosi

image
Kabid Perdagangan Disperpar Tuban, Bismo Aji

kotatuban.com-Usaha Kecil menengah (UKM) menjadi pilar ekonomi rakyat yang mempu menyediakan lapangan kerja. Namun, minimnya kesaradan pelaku usaha kecil untuk promosi membuat UKM sulit berkembang dan bersaing.

Kebanyakan pelaku UKM di Tuban hanya mengandalkan promosi yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar), dan belum inten menggelar kegiatan promosi baik yang dilakukan sendiri maupun kelompok UKM.

“Kami terus mendorong promosi ini melalui berbagai kegiatan pameran kadang juga mengikutkan UKM dalam ajang pameran di luar daerah. Pada Mei depan beberapa UKM akan kami bawa pameran ke Bali,” ujar Kepal Bidang Perdagangan, Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Tuban,  Bisno Aji, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/04).

Menurut Bismo, pelaku UKM harus menghidupkan promosi. Apalagi peran media sosial dan online dewasa ini cukup baik dan semakin banyak diakses masyarakat luas sehingga dapat diamanfaatkan sebagai media promosi produk.

“Saya lihat UKM di Tuban juga sudah memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Ini juga bagus dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), karena akan semakin banyak kompetitor,” katanya.

Saat ini kata Bismo, ada ribuan UKM di Tuban, namun, yang dipandang memiliki prospek bagus tidak sampai setenga dari jumlah UKM yang ada.

“Tidak semua UKM di Tuban prospeknya bagus, makanya peningkatan promosi itu perlu,” katanya. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban