Hafal Lima Juz Alquran Siswa Lulusan SLTP Masuk SMAN Tanpa Tes

image
Kepala Dikpora Tuban, Sutrisno

kotatuban.com – Lulusan SD maupun MI yang hafal Alquran minimal tiga juz langsung bisa masuk ke SMPN tanpa tes. Sementara lulusan MTs atau SMP yanf hafal Alquran minimal lima juz langaung bisa masuk SMAN tanpa tes.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIsdikpora) Tuba, Sutrisno, mengatakan, kebijakan menerima siswa penghafal alquran dan berprestasi dalam bidang akademik maupun olah raga masuk dalam kategori jalur khusus. Hal itu sesuai Peraturan Daerah 2/2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Tuban.

“Kebijakan tersebut sudah diterapkan sejak tahun 2014. Tahun ini adalah tahun ketiga,” tutur Sutrisno, Rabu (25/05)

 Ditambahkan, siswa yang hafal tiga juz akan djterima di SMP Negeri manapun yang diinginkan. Sementara lukusan SMP.dan sederajat yang hafal lima juz akan diterima di SMA Negeri atau SMK Negeri sesuai pilihannya.

Selain hafal Alquran, kebijakan masuk sekolah jalur khusus juga diberlakukan bagi siswa berprestasi, yakni juara pertama dalam prestasi akademik maupun olahraga.

“Demikian juga prestasi juara satu akademik dan olahraga, mereka akan diterima tanpa mengikuti tes,” ungkapnya.

Namun demikian, siswa yang masuk jalur khusus tetap menyertakan berkas administrasi pendidikan siswa dari sekolah sebelumnya, misal, ijasah sekolah seperti persyaratan siswa baru pada umumnya. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban