Hampir Semua Anggota ‎PPK Bakal Diisi Orang Baru

image
Ketua KPUD Tuban, Kasmuri

kotatuban.com – Hampir dipastikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bakal diisi orang baru.Hal tersebut berdasarkan pengunguman penerimaan PPK yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban nomor 43/Peng/KPU Kab-014329920/IV/2015 pada syarat pendaftaran PPK poin huruf k yang berbunyi belum pernah menjabat 2 (dua) kali sebagai anggota PPK.

Padahal, mayoritas anggota PPK telah menjabat PPK sebanyak 3 kali secara berturut-turut. Yakni, PPK pada Pilgub Jatim, Pileg, dan Pilpres. Sehingga, mayoritas PPK di Tuban yang telah berpengalaman tidak dapat mendaftarkan diri lagi. Sehingga, PPK di Tuban pada Pilkada ini akan diisi oleh orang-orang baru yang belum memiliki pengalaman kepemiluan.

Dengan kondisi itu dikhawatirkan akan mengganggu pelaksanaan Pimilu Kada di Tuban yang rencananya dihelat 9 Desember mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri saat dikonfirmasi  kotatuban.com, Selasa (21/04) mengungkapkan, terkait dengan adanya syarat pendaftaran PPK belum pernah dua kali sebagai PPK, pihaknya masih melakukan konsultasi dengan KPU RI.

”Aturan itu saat ini juga masih dalam pembahasan. Sehingga, KPU Tuban masih menunggu petunjuk lebih lanjut terkait syarat tersebut,” ungkapnya.

Apabila, lanjut Kasmuri, jika undang – undangnya dan aturannya memang mengharuskan bahwa masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai PPK belum pernah menjadi PPK dua kali, pihaknya akan menjalankan aturan tersebut.

”Jika aturannya seperti itu, dan tidak ada kebijakan lain yang dapat merubah itu, apa boleh buat, kita akan menjalankan aturan tersebut,” pungkasnya.

Meski PPK bakal diisi orang baru, lanjutnya, pihaknya tidak khawatir. Sebab, sebelum mereka melaksanakan tahapan Pemiliu Kada, anggota PPK bakal dibekali aturan mainnya.
” Ya nggak masalah, meski anggota PPK orang baru. Kalau nanti ada masalah kita  selesaikan dengan aturannya. Mereka nanti kan kita bekali dengan hal-hal terkait Pemilu Kada,” terangnya optimis (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban