Harga Daging Tembus Rp110.000/ Kilogram

Penjual daging sapi di pasar Baru Tuban
Penjual daging sapi di pasar Baru Tuban

kotatuban.com-Harga daging sapi di Kabupaten Tuban terus merangkak naik. Sehari sebelumnya harga daging sapi Rp105.000/kg, namun, kini tembus Rp 110.000 per kilogram . Harga tersebut lebih mahal sekitar Rp20.000 dari harga normal dengan harga Rp90.000/kg.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Bismo Aji mengungkapkan, harga daging sapi saat ini menembus Rp110.000 per kilogram.

“Hari ini sesuai hasil pendataan petugas kami, harga daging sapi sudah mencapai Rp110.000 per kilogram,” terang Bismo Aji, Selasa (12/8)

Menurut Bismo, kenaikan harga disebabkan oleh pembatasan impor sapi yang dilakukan pemerintah membuat pasokan daging berkurang. Meski sjauh ini pasokan di pasar  Kabupaten Tuban masih normal atau belum ada masalah,  kebijakan impor juga sedikit banyak berpengaruh dengan jumlah sapi di daerah.

“Masalah daging sudah menjadi masalah nasional, salah satu penyebabnya adalah kebijakan pembatasan impor sapi sehingga harga dalam negeri mengalami kenaikan,” terang Bismo.

Bismo menjelaskan, untuk Tuban sendiri, pasokan dari peternak lokal masih mencukupi, hanya saja suplai masih belum sepenuhnya menutupi kebutuhan pasar.

“Ini yang kemudian menyebabkan suplai dan permintaan tidak seimbang, sehingga mempengaruhi harga di pasaran,” tambahnya.

Sementara untuk mengantisipasi aksi sejumlah orang tidak bertanggungjawab ataau spekulan daging dan tengkulak, Dinas Pekekonomian telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Disperindag  Jawa Timur, serta berkordinasi dengan Dinas Perdagangan di kabupaten lain.

“Kami juga sudah melaukan kordinasi, baik dengan Disperindag Jawa Timur, maupun kabupaten lain terkait persoalan daging,” pungkas Bismo. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban