Akhirnya Tuban Dapat Piala Adipura Kencana

kotatuban.com – Setelah menunggu bertahun-tahun, akhirnya Kabupaten Tuvban mampu meraih penghargaan Adipura Kencana. Perolehan penghargaan kebersihan ini terasa istimewa, karena diberikan tepat pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Bupati Tuban Fathul Huda saat menerima piala Adipura Kencana
Bupati Tuban Fathul Huda saat menerima piala Adipura Kencana

Penghargaan bertaraf nasional, Anugrah Piala Adipura Kencana Tahun 2014 untuk Tuban adalah kategori kota kecil. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono di Auditorium Istana Wapres di Jalan Merdeka Selatan Jakarta kepada Bupati Tuban, Fathul Huda, Kamis (05/06).

Wapres Budiono dalam sambutannya mengungkapkan, sangat berbangga hati dengan pemberian penghargaan lingkungan hidup seperti Kalpataru, Adipura dan sejenisnya sebagai bentuk kontribusi masyarakat. Ke depan wapres juga meminta agar pemberian seperti itu bisa ditingkatkan standarnya dengan tidak lagi sekadar memotret keberhasilan sesaat namun juga pencapaian yang konsisten.

”Dalam menjaga lingkungan hidup, bukan cuma tanggung jawab pemerintah, baik pusat maupun daerah. Tapi juga seluruh warga bangsa dari berbagai sektor termasuk pendidikan dan kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda menyatakan rasa syukur atas pencapaian yang telah diterima. Bupati Huda juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat serta kerja keras SKPD di lingkup Pemkab Tuban dalam mewujudkan Kabupaten Tuban yang peduli lingkungan.

”Penghargaan Adipura Kencana ini adalah memang sudah layak disandang oleh Kabupaten Tuban yang sudah lama selalu menjaga lingkungannya. Kondisi penilaian adalah sesuai kondisi real yang ada di lapangan, penghargaan ini bukanlah hasil pendekatan kepada Tim penilai ataupun Dewan Pakar Adipura Kencana,” ungkapnya.

Menurutnya, Penghargaan Adipura Kencana yang telah diidam-idamkan ini akan dijadikan motivasi untuk menata Tuban untuk lebih Indah, Bersih, rapi dan Hijau. Penghargaan ini pula akan dijadikan tantangan untuk dapat mempertahankan pencapaian ini di tahun-tahun mendatang.

”Menjaga lingkungan bukan hanya untuk mendapat penghargaan, tetapi lebih dari pada itu diharapkan dapat menjadi pola hidup masyarakat yang selalu menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan disekitarnya,” pungkas dia. (duc)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.