2018 Pemkab Tuban Targetkan Bangun 3-4 Ribu RTLH

kotatuban.com – Pada tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menargetkan dapat membangun tiga ribu sampai empat ribu rumah tidak layak huni (RTLH). Hal ini sebagai salah satu progam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tuban.

”Untuk saat ini ada sekitar 40 ribu RTLH di Kabupaten Tuban. Dengan program bedah rumah tidak layak huni kita berharap, RTLH di Tuban terus berkurang,” terang, Sekertaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana, Sabtu (09/12).

Menurutnya, dalam pembangunan RTLH tersebut Pemkab Tuban juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Desa. Pihak desa nantinya diwajibkan menyantumkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk pembangunan RTLH.

”Nanti tiap desa minimal membangun 3 RTLH. 2 rumah akan dibangun desa dan yang 1 rumah akan menggunakan dana APBD Tuban tahun 2018,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Budi Wiyana mengatakan, pada tahun 2018 nanti konsep pembangunan RTLH menjadi rumah layak huni akan dirubah. Kalau dulu Pemkab Tuban menyerahkan kepada pihak ketiga, pada tahun depan akan dikerjakan secara swakelola.

”Jadi nanti pembangunan RTLH itu sistemnya swakelola atau gotong royong. Sehingga, bentuk rumah kita serahkan ke desa,” ujar Budi Wiyana.

Sedangkan, dana yang disiapkan untuk melakukan pembangunan RTLH tersebut Rp15 juta perunit. Dana tersebut merupakan dana stimulan, sehingga diharapkan warga dapat gotong royong membantu warga yang kurang mampu tersebut dalam membangun rumah.

”Kita berharap nanti ada gotong royong dalam pembangunan rumah itu, sehingga dana Rp15 juta itu dapat mencukupi untuk membangun rumah layak huni,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban