‎Tuban Dipastikan Laksanakan Pilkada Tahun 2018

image kotatuban.com – Meski masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Fathul Huda dan Noor Nahar bakalberakhur pada 20 Juni 2016, namun, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bakal dilaksnakan pada tahun 2018 mendatang. Hal tersebut terjadi menyusul keluarnya, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Kasmuri saat ditemui kotatuban.com, Rabu (28/01) diruang kerjanya mengungkapkan, dalam Perppu tersebut menyebutkan untuk kabupaten, kota, dan provinsi yang kepala daerahnya habis masa jabatannya pada tahun 2015 ini, maka akan dilaksanakan Pilkada serentak pada tahun 2015 ini.

Sedangkan, untuk kepala daerahnya habis pada tahun 2016, 2017, dan 2018 maka Pilkadanya akan dilaksanakan pada 2018. Sedangkan, Kabupaten Tuban sendiri masa jabatan bupati dan wakil bupatinya habis pada tahun 2016.

”Sehingga, Tuban akan melaksanakan Pilkada 2018 nanti,” terang Kasmuri, Rabu (28/1)

Maka, lanjut Kasmuri, Kabupaten Tuban akan mengalami kekosongan kepala daerah selama dua tahun. Sehingga, selama kekosongan kepala daerah tersebut akan diangkat Pelaksana tugas (Plt) kepala daerah.

”Untuk menunjuk Plt bupati ini merupakan kewenangan dari gubernur. Sehingga, nanti yang menjadi Plt Bupati Tuban bisa dari daerah Tuban sendiri, maupun dari daerah lain Tuban,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.