28 Orang Tewas Jadi ‘Tumbal’ Lalin Pantura

kotatuban.com – Pada bulan Oktober 2014 angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Tuban mengalami peningkatan yang sangat signifikan jika dibandingkan pada bulan September. Peningkatan kecelakaan lalu lintas tersebut baik dari peristiwanya maupun jumlah korbannya. Sedangkan, korban tewas rata-rata satu orang.

Kasatlantas Tuban AKP M. Faqih
Kasatlantas Tuban AKP M. Faqih

Data yang dihimpun dari Polres Tuban, Rabu (05/11), selama kurun waktu satu bulan, pada bulan Oktober sebanyak 28 orang tewas di jalur Pantura Tuban maupun jalan kabupaten akibat kecelakaan lalu lintas. Sedangkan, pada bulan September 2014 kemarin korban tewas akibat kecelakaan sekitar 17 orang.

”Memang untuk bulan Oktober kemarin jumlah angka kecelakaan mengalami peningkatan dari pada bulan September. Total kejadian Laka 119 TKP. Dan kami berharap pada bulan ini bisa turun baik kejadiannya maupun korbannya,” terang Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Muhammad Fakih, Rabu (05/11).

Menurutnya, dari 119 peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Kabupaten Tuban sebagian besar melibatkan sepeda motor. Yakni untuk sepeda motor yang terlibat dalam kecelakaan sebanyak 140 kendaraan, mobil penumpang 20 kendaraan dan mobil barang 39 kendaraan.

”Sebagian besar kecelakaan melibatkan kendaraan roda dua. Sedangkan, untuk yang melibatkan bus ada tujuh kendaraan,” lanjutnya.

Sementara itu, salah satu yang menjadi penyebab utama dalam kecelakaan tersebut adalah akibat dari pengemudi yang lengah dan kurang memperhatikan kondisi arus lalu lintas. Yang mana kelengahan dan ketidak waspadaan pengemudi mendominasi terjadinya kecelakaan.

”Faktor lainnya adalah pengemudi tidak tertib dalam berlalu lintas. Misalnya melanggar marka jalan atau kebut-kebutan, serta ada juga yang mengantuk,” tuturnya.

Lebih lanjut Kasat Lantas mengatakan, dengan banyaknya angka kecelakaan yang terjadi, petugas dari Sat Lantas Polres Tuban terus melakukan sosialisasi dan juga penindakan terhadap kendaraan yang menimbulkan kerawanan kecelakaan untuk menekan jumlah kejadian Laka lantas.

“Kita sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kecelakaan di Tuban ini. Termasuk memberikan sosialisasi para pengemudi supaya lebih mengutamakan kesemalatan dalam berlalu lintas,” pungkasnya. (duc)

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.