566 Konventer Kit Mesin Kapal Dibagikan Kepada Nelayan Tuban

kotatuban.com – Sebanyak 566 nelayan bakal mendapatkan konventer kit mesin penggerak perahu yang berbahan bakar  liquified petroleum gas (LPG). Mesin buat nelayan tersebut berasal dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM).
Secara simbolis pemberian bantuan mesin penggerak kapal nelayan berbahan bakar LPG tersebut diserahkan secara langsung oleh Dirjen Migas Kementrian ESDM, Ego Sahrial, di Pendopo Krido Manunggal, Rabu (20/09).
”Kita memberikan 566 mesin penggerak kapal yang telah konventer dari yang semula berbahan bakar bensin, kini menjadi berbahan bakar gas kepada nelayan Tuban. Dan bantuan ini paling banyak jika dibandingkan nelayan daerah lain,” ungkapnya.
Menurutnya, mesin penggerak kapal nelayan yang berbahan LPG tersebut lebih hemat jika dibandingkan dengan yang berbahan bakar bensin. Perbandingannya satu tabung LPG seberat 3 kilogram jika menggunakan bensin akan habis 7 liter bensin.
”Jadi menggunakan mesin berbahan LPG ini lebih irit, LPG 3 kilogram Rp17 ribu, dan jika menggunakan bensin habis 7 liter sudah Rp 56 ribu jika perliter Rp 8 ribu. Sehingga, nelayan bisa irit sekitar 60 persen,” terangnya.
Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda juga berharap agar para nelayan juga mendapatkan pelatihan tentang tatacara penggunaan mesin kapal berbahan LPG tersebut. Karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang takut menggunakan LPG.
”Masyarakat itu masih banyak yang takut menggunakan LPG. Sehingga, nelayan ini juga harus dilatih menggunakan mesin yang berbahan bakar LPG agar aman,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban