66 Calon Anggota KPU Tuban Lolos Administrasi

kotatuban.com – Sebanyak 66 dari 70 orang yang mendaftar sebagai calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban priode tahun 2014-2019 dinyatakan lolos administrasi, sedangkan, 4 orang lainnya dinyatakan tidak lolos.

”Ada 66 orang yang lolos dan 4 orang tidak lolos. Yang tidak lolos karena kurang memenuhi administrasi. Ada yang kurang penyataan tidak pernah dihukum dari Pengadilan Negeri, dan ada juga yang belum berusia 30 tahun,” ujar Ketua Tim Seleksi (Timsel) KPU Tuban, Masduqi Nursjsjamsi saat ditemui kotatuban.com diruang kerjanya, Senin (28/04).

Menurut Masduqi, daftar nama-nama yang lolos administrasi sudah ditempel pada papan pengunguman yang ada di kantor KPU Tuban Jalan Pramuka. Selanjutnya, untuk calon anggota KPU yang dinyatakan lolos administrasi akan mengikuti tes tulis pada 30 April mendatang di Aula Universitas Sunan Bonang, pukul 8.00 sampai pukul 10.00 .

Seorang peserta test KPU Tuban sedang melihat pengumuman
Seorang peserta test KPU Tuban sedang melihat pengumuman

”Habis ini tinggal tes tulis. Untuk tes tulis tersebut kemungkinan terkait tentang kepemiluan. Soalnya, materi tes tersebut yang membuat langsung dari pusat. Sehingga daerah tidak tahu menahu,” tandas Masduqi.

Selanjutnya, bagi peserta yang telah lolos tes tulis akan melakukan tes kesehatan pada 1-3 Mei. Kemudian, pada 4-9 Mei akan dilakukan tes psikologi terhadap peserta yang lolos tes kesehatan. Setelah itu,  tanggal  16-19 Mei akan dilaksanakan tes wawancara.

”Sistemnya ini pakai sistem gugur. Sehingga, jika peserta tidak lolos pada salah satu tahapan langsung dinyatakan gagal,” tandasnya.

Lebih lanjut Masduqi mengatakan, pendaftar calon anggota KPU Kabupaten Tuban priode 2014-2019 ini dari berbagai latar belakang. Mulai dari PNS, pensiunan PNS, wiraswasta, guru, dosen, wartawan, bahkan juga dari KPU Incumbent, dan dari berbagai latar belakang lainnya.

”Yang melakukan tes ini dari tim luar. Sehingga, kami juga tidak bisa intervensi terkait lolos atau tidaknya calon. Jika tim yang menguji menyatakan tidak lolos, ya kami nyatakan tidak lolos, dan sebaliknya” pungkas Masduqi. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.