Tahun 2014, Kuota CPNS Tuban Bertambah

Suranto Basuki, Kabid Pengembangan dan Diklat Pegawai, BKD Tuban
Suranto Basuki, Kabid Pengembangan dan Diklat Pegawai, BKD Tuban

kotatuban.com– Ini kabar baik bagi pencari kerja di Tuban. Tahun ini kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Kabupaten Tuban diperkirakan lebih tinggi dari kuota penerimaan CPNS kategori umum periode sebelumnya.

Data yang diperoleh kotatuban.com dari kantor Badan Kepegawaian Daerah, (BKD) Kabupaten Tuban, menyebutkan, tahun 2014 Pemkab Tuban mendapatkan kuota penerimaan sebanyak 52 pegawai. Jumlah tersebut lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 40 orang, itupun hanya dari unsur guru.

“Kategori umum tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 40. Dan tahun ini ada berbagai unsur, seperti kesehatan, administrasi dan sebagainya, kalau sebelumnya hanya guru,” ujar Kabid Pengembangan dan Diklat Pegawai, BKD Tuban, Suranto Basuki.

Suranto Basuki menjelaskan, jika dibandingkan dengan angka pensiun pertahun, kuota penerimaan CPNS sebanyak 52 tersebut sebenarnya masih sangat rendah dibandingkan kebutuhan pegawai di Tuban.

Namun karena hal itu sudah menjadi keputusan MenPAN, maka Pemkab Tuban harus menerima dan melaksanakan keputusan tersebut, meski di sisi lain Pemkab Tuban sudah berusaha mengajukan kuota lebih dari itu.

“Dari  tahun 2013 hingga sekarang saja, jumlah pegawai pensiun mencapai kurang lebih 500 pegawai, pemerintah sebenarnya juga mengajukan sesuai kebutuhan itu, namun realisasinya itu saja,” terang Suranto .

Dikatakan Suranto, keputusan kuota hanya 52 tersebut juga dikarenakan belanja pegawai daerah Tuban yang cukup tinggi, sehingga kuota penerimaan juga disesuaikan oleh Kemenpan. ”Minimnya kuota diprediksi masih tingginya belanja daerah, makanya jumlahnya juga disesuaikan,” kata Suranto.

Sementara itu, saat ditanya kapan pendaftaran CPNS Tuban mulai dibuka, hingga hari ini kantor BKD Tuban belum dapat memastikan karena masih dikordinasikan dengan pihak terkait. Yang pasti, pendaftaran CPNS akan dilaksanakan dalam bulan Juli ini.

“Termasuk kapan pendaftaranya akan dibuka kami juga masih kordinasi, yang kami tahu baru jumlahnya, formasinya apa aja juga belum tahu,” pungkas Suranto.(kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.