Banjir Bandang Rumah Warga Kerek Terendam Air

image

kotatuban.com-Puluhan rumah yang RT 02, RW 03, Desa Margomulyo Kecamatan Kerek terendam air setinggi lutut orang dewasa. Hujan lebat yang mengguyur daerah tersebut selama kurang lebih dua jam membuat sungai yang mengalir di tengah pemukiman meluber dan membanjiri rumah yang berada di sekitarnya.

Salah satu rumah yang terparah adalah rumah milik Suminah. Posisi rumah yang berada tepat di samping aliran sungai,  membuat air sungai dengan cepat masuk kevdalam rumah yang tidak begitu tinggi tersebut.

“Setiap sungai di sisi rumah meluber pasti masuk mas, ini selutut di dalam rumah,” terang Sumilah sambil menunjukan posisi air di ruang tamu rumahnya.

Wanita paruh baya tersebut berharap pemerintah melakukan pengerukan sungai yang mendangkal, serta meninggikan jembatan. Sebab,  seringkali jembatan yang ada disungai tersumbat sampah lantaran terlalu rendah sehingga air kerap meluber saat terjadi hujan.

Sementara itu, Ketua RT 02/RW03, Wahib mengatakan, sudah beberapa kali mengusulkan kepada pemerintah desa, namun hingga hari ini belum ada upaya penanganan sungain yang kerap meluber itu.

” Sudah beberapakali saya usulkan agar ada pengerukan sungai dan perbaikan jembatan, tapi belum ada realisasi,” katanya.

Tidak berbeda dengan warga lain yang rumahnya terendam banjir, diapun menginginkan ada upaya penanganan dari pemerintah  dengan melakukan pengerukan sungai liran di tengah pemukiman warga itu.

Selain RT 02, banjir juga dilaporkan menerjang pemukiman warga Dusun Winong, Margomulyo dan Desa Temayang, Kecamatan Kerek. Di dua desa tersebut pupuhan rumah warga terendam air bercampur lumpur kiriman dari wilayah selatan wilayah tersebut.(kim).

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.