Belum Setahun Dibangun Tanggul Jambon Jebol

image
Tanggul jebol

kotatuban.com – Belum genap satu tahun dibangun tanggul Avur Jambon yang berada diperbatasan Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak dengan Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban jebol. Sehingga, jebolnya tanggul aliran sungai Jambon tersebut mengakibatkan puluhan hektar sawah petani tergenang air.

Selain itu, dengan jebolnya tanggul yang baru dibangun tersebut membuat petani yang memiliki lahan pertanian didaerah sekitar aliran sungai tersebut gelisah. Pasalnya, dengan meluapnya air yang menggenangi areal pertanian tersebut mengancam tanaman petani mati.

”Masak tanggul baru dibangun belum genap satu tahun sudah jebol lagi. Jebolnya tanggul itu merendam puluhan hektar tanaman padi yang baru saja ditanam, sehingga tanaman padi petani terancam mati membusuk,” ujar, Darsam salah satu petani yang memiliki sawah didekat sungai Jambon, saat ditemui kotatuban.com, Senin (08/12).

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono membenarkan bahwa banjir yang menggenangi sawah milik warga Desa Tegalrejo, Kapu. Kecamatan Merakurak, maupun Desa Sumurgung Kecamatan Tuban disebabkan oleh jebolnya tanggul Jambon.

”Iya benar banjir yang menggenangi sawah petani disekitar situ disebabkan oleh jebolnya tanggul tersebut,” terang mantan Camat Grabakan tersebut.

Saat disinggung penyebab jebolnya tanggul yang belum genap satu tahun tersebut, Joko enggan menjawab akibat jebolnya tanggul tersebut.

”Untuk penyebab jebolnya silahkan konfirmasi ke Dinas Pekerjaan Umum (PU), apakah tanggul itu sudah menjadi tanggungjawab PU atau masih tanggungjawab pihak ketiga atau rekanan,” ungkapnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban Kholiq Qunnasih, belum bisa dikonfirmasi terkait jebolnya tanggul Jambon tersebut. Saat ditelepon tidak diangkat, dan saat ditanya melalui pesan singkat (sms) juga tidak ada balasan. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.