Blasting Holcim Diduga Retakkan Rumah Warga

Warga menunjukkan tembok rumahnya yang retak
Warga menunjukkan tembok rumahnya yang retak

kotatuban.com – Peledakan diarea tambang atau blasting milik PT Holcim Indonesia, Tbk pabrik Tuban yang berada di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo dikeluhkan warga setempat. Pasalnya, peledakan perusahaan semen asal Swiss tersebut diduga menjadi penyebab retaknya puluhan rumah warga.

Retaknya rumah warga Sawir, diduga akibat peledakan terbuka di tambang yang dilakukan Holcim. Area peledakan sendiri berada di sisi utara desa setempat, dengan jarak kurang lebih 2 kilometer. ”Rumah saya ini baru saya bangun, dan temboknya sudah retak-retak, ini karena getaran dari peledakan yang dilakukan oleh Holcim,” terang, Nuraini (30), salah satu warga setempat kepada sejumlah wartawan, Jumat (06/02).
Selain dinding rumah milik warga yang mengalami keretakan, sejumlah warga juga mengaku lantai rumah ikut retak akibat adanya peledakan diareal tambang tersebut. Meski belum ada data pasti, warga menyebut ada puluhan rumah yang mengalami kerusakan. Bahkan, beberapa warga sudah dilaporkan ke perusahaan untuk mendapatkan ganti rugi.
”Rencananya kita akan meminta ganti rugi kepada perusahaan,” kata Mustakim, warga lain.
Sementara itu, Coorporate Comunication East Java PT Holcim, Indriani Siswati, ketika dikonfirmasi melalui ponselnya, dia menyebut kalau peledakan yang perusahaan lakukan sudah sesuai dengan prosedur dan standart regulasi yang ada. Dan pihak perusahaan akan melakukan pengecekan di lapangan. Apabila kerusakan itu memang disebabkan proses peledakan di tambang, perusahaan juga akan memperbaiki kembali.
”Kami akan melakukan pengecekan di lapangan, yang jelas peledakan standart kami sudah di bawah standart regulasi yang peledakan,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.