BPBD Tuban Siagakan Peralatan di Daerah Banjir

image
Joko Ludiono

kotatuban.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban telah menyiagakan perlengkapannya di wilayah banjir. Hal ini dilakukan untuk mewaspadai sewaktu-waktu datang banjir, karena kondisi debit air pada daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo mulai naik.

”Perlengkapan bajir seperti mobil, prahu karet, pelampung, tenda, dan perlengkapan lainnya saat ini sudah siaga di wilayah Bengawan Solo, karena debit air Bengawan Solo saat ini mulai naik,” terang, Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono kepada kotatuban.com, Sabtu (21/02).
 
Menurutnya, telah disiagakannya peralatan untuk penanggulangan bencana bajir di wilayah Bengawan Solo ini agar sewaktu-waktu jika terjadi bencana banjir, para relawan dari BPBD bisa bertindak cepat.

”Jika peralatan telah disiapkan, nanti Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD Tuban langsung bisa bergerak cepat. Kita juga telah membagi-bagi tim apa saja yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” tandasnya.

Lebih lanjut Joko mengatakan, pembagian tim tersebut sangat penting saat berada dilingkungan bencana. Karena, jangan sampai jika sudah di lingkungan bencana tidak tahu apa yang harus dilakukannya.

”Pembagian jobdist saat berada dilingkungan bencana itu penting. Jika tidak dibagi biasanya relawan akan tumpang tindih pekerjaannya atau bisa juga bingung apa yang akan dikerjakan saat berada didaerah bencana,” tandasnya.

Joko juga menghimbau kepada masyarakat, terutama masyarakat yang berada di daerah DAS Bengawan Solo untuk selalu waspada. Karena banjir di Sungai Bengawan Solo bisa terjadi sewaktu-waktu. 

”Yang mengakibatkan banjir di Bengawan Solo tidak hanya disebabkan hujan dari lokal Tuban saja. Namun, jika hujan deras di daerah hulu Bengawan Solo juga tidak menutup kemungkinan Tuban akan banjir,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.