Bulog Jamin Pasokan Beras Aman Hingga Lebaran

Beras di gudang Bulog
Beras di gudang Bulog

kotatuban.com-Perusanhaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum-Bulog) Sub Divisi Regional (Sub Divre) V  Tuban-Bojonegoro , menjamin pasokan beras aman hingga lebaran Idul Fitri 2014 mendatang. Meski kebutuhan akan komuditi pangan pokok tersebt diprediksi akan mngalami peningkatan.

Kepala Bulog Sub Divre Tuban-Bojonegoro, Evdal Ms memastikan, selama Ramadan hingga lebaran, Bulog menjamin tidak akan ada kekurangan beras, bahkan stok beras masih dapat mencukupi setelah lebaran.

“Stok masih sangat cukup, dan tidak akan ada kekurangan hingga lebaran mendatang,” kata Efdal, Rabu (16/7).

Menurut Efal, jaminan cukup tersebut berdasarkan stok beras yang ada di gudang bulog saat ini, yakni masih berada diposisi 84.045 ton, sedangkan kebutuhan perbulan untuk beras miskin, dan beras regular hanya 1.500 ton saja. Sehingga, jumlah itu tidak akan jauh berkurang meski  akan ada peningkatan kebutuhan selama Ramadan hingga lebaran.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, karena stok masih sangat cukup, dengan kebutuhan masyarakat rata-rata perbulan 1.500 dibanding stok yang ada tidak akan banyak pengaruh, ”  jelas Efdal.

Untuk menjamin ketersediaan pasokan beras, tambah Efdal, pihak Bulog  juga terus melakukan pengadaan beras dari petani dengan alokasi rata-rata 250 ton perhari. “Untuk memenuhi pasokan, kami juga terus melakukan pengadaan dari para petani,” tambahnya.

Sementara itu, meski  biasanya memasuki pertengahan hingga H-Lebaran permintaan beras cenderung meningkat, harga beras juga akan stabil dipasaran karena tidak terlalu terpengaruh dengan tingginya permintaan.

“Kami punya seksi  Gasar (Pengawasan harga pasar), yang memantau tiap hari, namun perkiraan kami,  harga beras akan tetap stabil hingga lebaran nanti, selain itu bulan ini masih suasana panen padi sehingga gejolak harga tidak akan ada,” paparnya. (kim)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.