Bulog Targetkan 100 Ton Gabah dari Petani

Bupati Tuban Fathul HUda saat di gudang Bulog Tuban
Bupati Tuban Fathul HUda saat di gudang Bulog Tuban

kotatuban.com – Sub divre Bulog Tuban pada tahun 2014 ini menargetkan penyerapan gabah dari para petani sebesar 100 ribu ton. Sedangkan, pada tahun 2013 lalu sub divre Bulog Tuban dapat menyerap gabah dari petani sebanyak 75 ribu ton.

”Tahun ini kami menargetkan ada kenaikan 25 ribu ton gabah dari para petani,” ujar Kepala Sub drive Perum Bulog Provinsi Jawa Timur, Rusdiyanto, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan saat koordinasi beras miskin (Raskin) di gudang sub drive Bulog Tuban, Jalan Pahlawan, Kamis (27/2).

Menurutnya, untuk meningkatkan suplai gabah dari petani tersebut, Bulog membuka peluang kerja sama dengan gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang ada di Tuban. Selain itu, Bulog juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk mendorong para petani meningkatkan produktifitasnya. ”Kami juga membuka ruang bagi siapa saja yang ingin melakukan kerja sama dengan kami, seperti penggilingan gabah kami berharap dapat bekerja sama dengan kami,” tandasnya.

Lebih lanjut Rusdiyanto mengatakan, saat ini untuk harga gabah siap giling Bulog beli dari petani seharga Rp 4.200 per kilogramnya. Selain itu, Bulog siap menampung berapapun gabah dari petani. Untuk itu, diharapkan para petani dapat menjual hasil panennya kepada Bulog. ”Yang pasti kita beli harga gabah itu lebih mahal dari pada dibeli tengkulak,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.