Bupati Huda Meminta Tokoh Masyarakat Turut Sukseskan Pemilu

kotatuban.com – Bupati Tuban, Fathul Huda, berharap penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu serentak tanggal 17 April Tahun 2019 mendatang, bisa berlangsung tertib, lancar, aman, dan damai. “Ini semua tidak terlepas dari semua dukungan seluruh komponen dan masyarakat Kabupaten Tuban, serta komitmen kita semua,”ungkap Bupati Huda dihadapan 650 tokoh masyarakat se Kabupaten Tuban pada kegiaton dialog di Pendopo Krido Manunggal beberapa waktuk

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bukti adanya kesatuan tekat untuk secara bersama-sama mewujudkan pelaksanaan Pemilu yang damai, langsung, umum, bebas dan rahasia, jujur dan adil. Untuk itu perlu bantuan dari semua pihak, diantaranya KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu, tokoh masyarakat, dan pemerintah untuk saling bersinergi.

“Pemilu sebagai wahana untuk mewujudkan harapan kehidupan berdemokrasi yang lebih baik melalui pemilihan pimpinan nasional baik eksekutif maupun legislative. Mengingat masyarakat yang semakin kritis dan memahami segenap regulasi sistem penyelenggaraan dan tahapan yang telah diatur dalam undang-undang,” terangnya.

Lebih lanjut, Bupati Tuban dua periode ini menyampaikan, pentingnya kegiatan ini dilaksanakan, diharapkan mampu meningkatkan semangat dan integritas serta meningkatkan koordinasi antara berbagai unsur yang terlibat. Melalaui cara itu penyelenggaraan Pemilu berjalan dengan kondusif, aman, tertib dan lancar.

“Namun perlu diperhatikan juga, beberapa hal yang krusial dan perlu mendapatkan perhatian lebih, diantaranya yaitu jadwal tahapan pemilu, netralitas, data penduduk pemilih, kampanye, tata cara pemungutan suara dan perhitungan suara inilah yang dapat menjadi Pemicu dan pemacu konflik,” tegasnya.

Pada bagian lain orang nomor wahid di Pemkab Tuban ini juga mengingatkan pentingnya pelaksanaan Pilkades. Demokrasi tingkat desa serentak di Bumi Wali tahapannya sudah mulai bulan Pebruari 2019. Diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga potensi konflik dapat diminimalisir.

“Semua pihak baik tingkat desa, kecamatan dan kabupaten dapat bekerjasama dengan baik sehingga Pilkades serentak tanggal 10 Juli 2019 berjalan dengan damai, tertib, lancar dan damai,” imbuhnya.

Dengan demikian bagi para ketua partai peserta Pemilu dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik, sehingga diperoleh pengertian dan pemahaman yang utuh tentang seluruh proses tahapan kegiatan Pemilu 2019 yang dapat menciptakan suasana yang aman, damai, berkualitas dan bermartabat.

Pada kesempatan sama, Asisten Pemerintahan Sekda Tuban, Drs. Joko Sarwono menyampaikan kegiatan audiensi yang mengambil tema “Memperkuat Peran Masyarakat Dalam Mendukung Agenda Demokrasi Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2019” dapat berjalan dengan lancar.

“Untuk kelancaran pelaksanaan tugas wewenang dan kewajiban penyelenggaraan pemilu, pemerintah wajib memberikan bantuan dan fasilitasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. (rto)



Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban