Carut Marut Penghitungan di Parengan, Panwaskab Rekomendasikan Buka Plano C I

Rekapiotulasi di PPK Parengan
Rekapiotulasi di PPK Parengan

kotatuban.com– Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaslu) Tuban akhirnya merekomendasikan Plano C I untuk dibuka. Rekomendasi itu menyusul atas permintaan Panwascam Parengan yang menengarai adanya dugaan kecurangan penghitungan suara di tingkat TPS dari salah satu calon legeslatif.

Mendapat laporan itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi langsung nelakukan koordinasi dengan berbagai pihak, baik dengan KPU Kabupaten Tuban, Panwascam Parengan mapun saksi-saksi parpol.

“Yang berhak menyampaikan keberatan atas hasil Pemilu adalah Panwas dan saksi. Namun harus sesuai dengan mekanisme yang ada dan melalui tahapan-tahapan,” terang Sullamul Hadi, Ketua Panwaslu Tuban.

Dengan adanya dugaan temuan salinan C1 DPRD Kabupaten yang dilakukan pencoretan pada salah satu Caleg itu, berdasarkan dengan tahapan yang telah diatur dalam PKPU pihak Panwaslu merekomendasikan kepada PPK untuk membuka lembar Plano C1 guna mencocokkan dengan salinan C1.

“Sesuai tahapan jika ada keberatan, tahapan yang pertama adalah PPK membuka Plano C1 perolehan suara untuk mencocokkan indikasi salinan C1 yang tak beres,” terang Gus Hadi, sapaan akrab Sullamul Hadi saat berada di kantor Kecamatan Parengan, Tuban itu.

Namun jika masih belum ditemukan kecocokan antara Plano C1 dengan salinan C1 itu, baru tahapan selanjutnya adalah dengan melakukan penghitungan ulang surat suara dari masing-masing TPS yang ditengarai bermasalah hasil perolehan suaranya.

“Kalau memang dari hasil penghitungan ulang surat suara masih ada masalah dan tidak ada kecocokan maka harus dilakukan pencoblosan ulang. Jadi semua harus melalui tahapan yang sudah diatur,” tegasnya.

Adapun untuk hasil suara dari 17 TPS yang diduga bermasalah tersebut berasal dari delapan desa, yakni Desa Kumpulrejo, Desa Suciharjo, Desa Sugihwaras, Desa Barangkal, Desa Parangbatu, Desa Selogabus, Desa Dagangan dan Desa Cengkong, Kecamatan Parengan, Tuban.

Sementara itu, hingga malam ini proses rekapitulasi hasil suara Pileg 2014 yang berlangsung di PPK Parengan, Tuban itu masih terus berlangsung. Dimungkinkan proses rekapitulasi tersebut akan berlanjut sampai besuk, karena rekap suara DPR RI baru selesai petang tadi dan sekarang masih rekap suara DPD. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.