Desa Bakal Terima DD Minimal Rp700 Juta

kotatuban.com -Tahun  2017 setiap desa di Kabupaten Tuban akan menerima paling sedikit Rp700 juta Dana Desa (DD) yang bersumber dari pemerintah pusat. Jumlah DD yang akan diterima masing-masing desa tersebut seiring dengan naiknya Dana Desa yang diprogramkan untuk pembangunan dan pemberdayaan desa.

”Setiap desa nantinya mendapat jatah paling sedikit 700 Juta”, ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Keluarga Berencana (Bapemas dan KB) Tuban, Mahmudi, Senin 19/12).

Dia menjelaskan, jumlah dana desa yang diterima mengacu pada empat indikator, yaitu,  luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin dan geografis desa.

Sejak digelontorkan pada tahun 2015, dana desa terus naik setiap tahun, yakni, tahun 2015, DD Kabupaten Tuban sebesar Rp88,6 miliar, pada tahun 2016 naikmenjadi Rp197 miliar kemudian tahun 2017 direncanakan menjadi Rp252 miliar.

“Terus meningkat, mudah-mudahan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh maing-masing desa dalam rangka membangun desa,” katanya.

Adapun teknis pencairan DD Tahun 2017 masih sama dengan tahun 2016, yakni, dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama pencairan 60 persen kemudian sisanya akan cair pada tahap kedua.

“Teknisnya sama, 60 dan 40 persen sisanya,” tambah Mammudi.

Seperti diketahui, selain memperoleh DD, pemerintah desa juga akan memperoleh Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari 10 persen dana perimbangan yang diterima oleh pemerintah daerah. (kim)


Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.