Dewan Ingatkan Pemkab Waspada Banjir Bandang

kotatuban.com – Pada musim penghujan tahun lalu jalan-jalan dibeberapa wilayah yang berada di Kota Tuban selalu banjir saat hujan lebat. Pasalnya, banyak drainase yang tidak mampu menampung air hujan. Selain itu, serapan air yang ada didalam kota juga berkurang.
Untuk itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban meminta supaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada untuk mengantisipasi terjadinya banjir di jalur kota.
”Kita sudah berkoordinasi dengan OPD yang menangani banjir untuk segera mengantisipasi terjadinya banjir di jalur kota sebelum musim penghujan,” ujar Ketua DPRD Tuban, Miyadi, Rabu (18/10).
Pada musim penghujan tahun lalu, ketika kawasan kota di guyur hujan dengan intensif tinggi. Bisa dipastikan beberapa jalan kota tergenang banjir, dengan ketinggian air kurang lebih 20 hingga 30 centimeter.
Jalan kota yang menjadi langganan banjir itu berada di sepanjang jalan Basuki Rahmat, Veteran, Gajahmada, Perempatan Kapur dan Perempatan Pramuka, dan beberapa ruas jalan lain. Kondisi banjir tahun lalu membuat para kendaraan resah jika melintas di kawasan tersebut.
”Pemkab Tuban telah menginventarisir beberapa titik rawan banjir, sehingga itu harus diantisipasi sejak dini supaya jalur kota tidak tergenan air hujan disaat hujan turun,” tandasnya.
Lebih lanjut, dewan telah mendorong dinas terkait untuk melakukan pengecekan titik-titik atau jalur kota yang rawan terjadi banjir. Termasuk melakukan pengecekan pada drainase yang berada di tepi jalan supaya air hujan tidak menggenang di jalan.
”Kita terus melakukan koordinasi dengan Pemkab Tuban supaya segera diantisipasi persoalan banjir di jalur kota,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban