Diknas Larang Sekolah Wajibkan Siswa Punya Laptop

Kadiknas Tuban Drs Sutrisno
Kadiknas Tuban Drs Sutrisno

kotatuban.com-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, memastikan tidak ada sekoah yang mewajibkan peserta didiknya untuk memiliki perangkat computer maupun laptop. Peralatan itu sebagai penunjang pembelajaran Kurikulum baru 2013 (K13), meyusul keterlambatan buku panduan yang hingga kini baru sebagian yang diterima siswa.

Sebelumnya, muncul keresahan dikalanga orang tua murid. Tiadanya buku panduan secara fisik diperkirakan siswa akan diwajibkan memiliki computer maupun laptop untuk belajar siswa di rumah.

“Memang perangkat tersebut salah satu solusi untuk belajar di rumah, kerena buku panduan belum datang. Namun, tidak dibenarkan jika sekolah lantas mewajibkan peserta didik untuk memiliki perangkat tersebut,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban , Sutrisno, Selasa (04/11).

Dia memastikan, sekolah tidak akan memberatkan siswanya lantaran keterlambatan buku. Sebab, fasilitas di sekolah saat ini juga sudah cukup memadai. Jika siswa tidak memiliki perangkat computer atau laptop sebagai penunjang, pembelajaran dapat dilakukan dengan peralatan multi media yang dimiliki sekolah.

“Di sekolah, sarana LCD proyektor sudah banyak yang punya, untuk apa dibikin susah, apalagi mewajibkan murid punya laptop, tidak ada yang seperti itu,” tegas Sutrisno.

Jika ada sekolah yang memberatkan peserta didiknya, pihak Dinas akan mempertanyakan maksud dan tujuanya. Sebab jika untuk pembelajaran, selain dapat dipelajari melalui perangkat laptop maupun komputer, pembelajaran juga dapat dilakukan dengan mencetak soft copy yang dimiliki guru dan sekolah.

“Intinya bukan pada perangkat, namun bagaimana seorang pendidik dapat menyampaikan materi sesuai bidangnya. Apalagi sistem pendidikan baru K13, melatih siswa untuk aktif mencari bahan pembelajaran, bukan guru yang menyodorkan,” imbuh Sutrisno. (kim)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.