Dinsosnakertrans Kesulitan Deteksi Angkatan Kerja

Nurjannah
Nurjannah

kotatuban.com-Dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi (Dinsosnakertrans) kesulitan mendata jumlah angkatan kerja dan pencari kerja di Kabupaten Tuban. Sebab, kebanyakan angkatan kerja itu tidak mendaftarkan diri di Dinsosnakertras. Banyak angkatan kerja yang tidak tercatat dengan baik, hal tersebut dikarenakan minimnya kesadaran pencari kerja mendaftakan diri sebagai pencari kerja di Dinsosnakertran (mendaftar kartu kuning/kartu pencri kerja).

“Terkadang pencari kerja tidak mendaftar, sehingga kami kesulitan mencatat jumlah angkatan kerja. Selain itu banyak pencari kerja yang mengabaikan kartu kuning terutama pekerjaan-pekerjaan non formal. Karena kebanyakan tidak memerlukan kartu kuning  sebagai persyaratan,” Kepala Dinsosnakertrans, Dinsosnakertrans, Jumat (25/4).

Nurjanah menjelaskan, kebanyakan pencari kerja mendaftarkan diri atau meminta kartu kuning jika perusahaan atau tempat melamar kerja membutuhkan kartu kuning sebagai salah satu syarat, tanpa itu pencari kerja biasanya enggan mendaftar ke Dinas Sosnakertrans Kabupaten Tuban.

“Sebenarnya dengan kesadaran para pencari kerja itu, Dinas akan mudah mendeteksi dan meempermuda memberikan keteerampilan kerja bagi pencari kerja, untuk dididik menjadi tenaga kerja mandiri,”  Jelas Nurjanah.

Melihat masalah tersebut, pihak Dinas Sosnakertrans menghimbau para pencari kerja mencatat diri ke dinas tersebut,  sehingga pihak dinas memiliki data rill jumlah angkatan kerja dan pencari kerja. Dengan demikian apa yang dibutuhkan pencari kerja dapat terfasilitasi dengan baik.

Untuk di ketahui, tahun 2013 pendaftar kartu kuning sekitar 2.000 orang, dan hingga April tahun ini pendaftar tidak sampai 500 pendaftar. Jumlah itupun masih didominasi oleh pendaftar CPNS dan K2 yang akan ikut Ujian CPNS beberapa waktu lalu. “jumlah itu saja masih sangat minim, sebab kita prediksi angkatan kerja dan pencari kerja, jumlahnya jauh diatas itu.” Imbuh Nurjanah. (kim)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.