Distributor Jamin Pupuk Aman

kotatuban.com – Ditributor pupuk di Kabupaten Tuban menjamin bahwa hingga Bulan November ini pasokan pupuk masih aman. Sehingga, diharapkan para petani tidak usah khawatir atau panik terhadap isu-isu kelangkaan pupuk.

”Sampai saat ini pupuk masih relatif aman, tidak ada kelangkaan,” terang, Tamam, salah satu distributor pupuk di Tuban setelah melakukan hearing dengan Komisi B DPRD Tuban, Kamis (02/11).

Menurutnya, sampai saat ini stok pupuk masih mencukupi, selain itu di kios-kios pupuk juga masih tersedia. Memang beberapa hari yang lalu dibeberapa daerah di Kabupaten Tuban ada keterlambatan pendistribusian pupuk. Namun, saat ini sudah normal kembali, dan ketersediaan pupuk ada.

”Stok pupuk itu aman tidak ada masalah. Petani tidak perlu panik,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji mengatakan, sampai saat ini di Kabupaten Tuban stok pupuk masih aman. Isu-isu terjadinya kelangkaan pupuk hanyalah kepanikan petani.

”Yang terjadi dilapangan saat ini banyak petani panik belum waktunya tanam tapi mereka telah menyetok pupuk. Ini yang menyebabkan isu pupuk langka,” terangnya.

Selain itu, lanjut mantan Camat Bancar tersebut mengatakan, saat ini yang banyak mengeluh bahwa pupuk itu langka adalah pesanggem atau penggarap lahan milik Perhutani. Padahal, pesanggem tidak mendapatkan jatah pupuk bersubsidi dari pemerintah.

”Petani dilahan Perhutani itu tidak mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi dari pemerintah. Dan yang selama ini banyak mengeluh pupuk langka ya mereka,” tandasnya.

Diketahui, Rencana Definitif Kebutuhan Kelompoktani (RDKK) Kabupaten Tuban pada tahun 2017 adalah sebasar 382 ribu ton. Dan di realisasi oleh pemerintah sebesar 110.546 ton. Selain itu, Kabupaten Tuban juga mendapatkan tambahan pupuk bersubsidi 22 ribu ton. (duc)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban