DPP Temukan Hewan Kurban Berpenyakitan

kotatuban.com – Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban menemukan beberapa hewan kurban yang tidak layak disembelih menjadi hewan kurban. Hal tersebut ditemukan DPP setelah melakukan pengecekan hewan kurban dibeberapa pengepul hewan kurban, Selasa (29/08).
”Ada beberapa hewan kurban yang belum cukup umur dan penyakitan. Sehingga, tidak layak dijadikan hewan kurban,” terang Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan DPP Tuban, Basoeki Tjahyono, saat di lokasi pengumpulan hewan kurban Nurul Hayat Cabang Tuban, Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban.
Menurutnya, hewan kurban yang tidak boleh disembelih untuk korban salah satunya tidak sehat atau umurnya belum mencukupi. Hewan kurban umurnya belum cukup untuk yang harganya di bawah Rp2 juta. Sedangkan untuk kambing yang harganya diatas Rp2 juta sudah layak dikurbankan.
”Untuk disini ada beberapa hewan kurban yang kita temukan belum layak dijadikan hewan kurban. Untuk itu hewan yang sakit kita obati, dan hewan yang umurnya belum mencukupi kita minta kepada pemilik untuk tidak menjual hewannya terlebih dahulu,” ujarnya.
Terpisah, Pimpinan Cabang Nurul Hayat Tuban, Kholid, berterimakasih adanya pemeriksaan hewan kurban dari pemerintah setempat. Berbagai kritikan dan masukan akan menjadi bahan perbaikan yayasannya dalam menyediakan hewan kurban untuk masyarakat.
”Terimakasih segala masukannya kepada kita. Dan ini bisa menjadi masukan buat kita agar dapat lebih baik lagi,” tandasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban