DPRD Tuban Tetapkan Tujuh Fraksi

Miyadi, S.Ag, Ketua sementara DPRD Tuban
Miyadi, S.Ag, Ketua sementara DPRD Tuban

kotatuban.com–  Dalam rapat paripurna yang mengagendakan pembentukan dan penetapan fraksi-fraksi, DPRD Tuban akhirnya menyepakati membentuk tujuh fraksi beserta komposisi masing-masing fraksi.

Ketua DPRD Sementara, Miyadi S.Ag, mengatakan,  sesuai surat yang telah masuk di sekretariat dewan, tujuh fraksi telah melaporkan bembentukan dan komposisi anggota fraksi, baik fraksi dari partai yang berdiri sendiri, maupun fraksi hasil gabungan partai.

“Rapat siang ini, sesuai surat yang telah masuk di sekretariat dewan kami melakukan paripurna untuk penetapan fraksi, hasilnya kami menetapkan tujuh fraksi DPRD Tuban,” kata Miyadi.

Ke tujuh fraksi tersebut adalah : fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang beranggotakan 14 orang, kemudian fraksi gabungan partai Golkar dan PKS sebanyak 10 orang,  Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 6 orang, Fraksi Demokrat juga 6 orang,  fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 5 orang.

Kemudian fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak 5 orang, dan terakhir;  fraksi  Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) dengan anggota 4 orang.

“Tentunya ke tujuh fraksi yang telah kita tetapkan bersama itu, tidak lepas dari hasil perolehan kursi pemilu legislatif April lalu, makanya beberapa partai politik harus bergabung atau berkoalisi untuk membentuk satu fraksi yang minimal harus beranggotakan empat orang,” terang Miyadi.

Setelah pelaksanaan rapat paripurna siang ini, kata Miyadi, agenda DPRD Tuban adalah membentuk panitia pembentukaan tata tertib dewan. Setelah tata tertib disepakati, baru dilaksanakan penetapan ketua DPRD secara definitif.
Untuk diketahui, dalam rapat paripurna yang dipimpin ketua dewan sementara tersebut, sempat diwarnai aksi protes dan interupsi oleh beberapa anggota dewan yang berasal dari partai Demokrat.  Mereka mengiinginkan penetapan fraksi tersebut dipertimbangkan, mengingat masih ada beberapa persoalan terkait komposisi yang harus diselesaikan. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.