Duo Srikandi NU Dipastikan Melenggang ke Senayan

kotatuban.com – Hampir dipastikan duo Srikandi NU Cabang Tuban, Ratna Juwita Sari dan Farida Hidayati,  melenggang ke Senayan, Jakarta sebagai Wakil Rakyat, DPRRI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur IX (Tuban, Bojonegoro). Juwita Ratna Sari warga Desa Jenu, Kecamatan Jenu dan Farida Hidayati merupakan warga Desa Lajulor, Kecamatan Singgahan yang juga keponakan Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah. Kedua srikandoi NU ini sama-sama dicalonkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kepastian duo srikandi NU melenggang ke Senayan itu setidaknya dari hasil survai  Y Publica, dalam  Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang. Selaqin kedua srikandi NU itu masih terdapat 4 kandidat  calon-calon baru yang sebelumnya belum pernah mencalonkan diri dari jatah 6 (enam) kursi DPRRI di Dapil Jatim IX yang meliputi Kabupaten Tuban dan Bojonegoro..

“Dari hasil survai dua petahana, yakni, Didik Mukrianto (Demokrat) dan Wihadi Wiyanto (Gerendra), tetap bertahan ” ungkap Direktur Eksekutif Y Publica Rudi Hartono dalam keterangan rilisnya, Senin (25/2/2019).

Survei Y-Publica dilakukan pada 4-13 Februari2019 di dapil Jatim IX dengan jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan. Sampel dipilih secara acak bertingkat (multistage random). Dalam survey ini margin of error sebesar 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Untuk informasi, Haeny Relawati yang merupakan mantan Bupati Tuban dua periode mendapatkan tingkat keterpilihan tertinggi dengan mengantongi pilihan responden sebesar 12,3 persen .

Selain itu, calon lainnya, Farida Hidayati Memiliki Elektabilitas sebesar 10,8 persen, Didik Mukrianto  9,3 persen, kemudian Wihadi Wiyanto 8,4%, lalu J. Urip Utomo sebesar 7,5% dan Ratna Juwita Sari sebesar 6,8%.

“Nama-nama ini kami dapatkan berdasarkan pertanyaan terbuka kepada responden,” jelas Rudi.

Sementara itu, lanjut Rudi, beberapa petahana yang terpilih dalam Pileg 2014 lalu banyak yang memiliki elektabilitas di bawah enam besar. Mereka adalah Abidin Fikri dengan elektabilitas sebesar 4,3%, Satya Yudha sebesar 3,1% dan Lukmanul Khakim sebesar 2,1%.

“Abidin Fikri dan Satya Yudha masih masuk dalam kategori 10 besar. Tapi, Lukmanul Khakim hanya menempati posisi 11,” imbuhnya.

Rudi menambahkan, Caleg pendatang baru yang masuk dalam 10 besar adalah Suyoto dan Setyo Hartono. Keduanya merupakan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro periode 2013-2018.

“Dalam kategori 10 besarada 6 pendatang baru dan 4 petahana,” tuturnya.

Survei Y-Publica dilakukan pada 4-13 Februari2019 di dapil Jatim IX dengan jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan. Sampel dipilih secara acak bertingkat (multistage random). Dalam survey ini margin of error sebesar 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Menanggapi hal tersebut, Ratna Juwita saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sangat bersyukur adanya hasil survey yang menempatkan namanya di sepuluh besar hasil elektabilisanya. Namun, istri  Ketua Koni Tuban ini akan terus bekerja keras dan menyapa pemilih untuk bisa mewujudkan harapan NU Tuban  Pemilu 2019 ini.

“Alhamdulillah, tapi kami tetap bekerja sekuat tenaga, agar bisa menjadi kenyataan,” jawabnya. (ros)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban