Eksplorasi Sumur Tapen 2 Barakhir 

Field Manager Pertakina EP Aset IV, Agus Amperianto

kotatuban.com – Pertamina Eskplorasi Produksi (EP) Asset 4 Field Cepu, menytakan tahap akhir  pada  driling (pemboran) eksplorasi aumur Tapen 02 (TPN 02), di Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban.

Sesuai rangkuman per 24 jam terkahir, proses eksplorasi hingga pertengahan bulan Agustus ini sudah memasuki tahap akhir total depth pada kedalaman 2.756 meter.

“Alhamdulillah, pemboran Tapen-02, lancar dan telah memasuki tahap akhir total depth,” kata Field Manager Pertmaina EP Field Cepu, Agus Amperianto, Senin (15/08).

Dijelaskan Agus, progres drilling saat ini sedang lanjut bor formasi berarah lubang 8-1/2″ dari 2.740 menuju 2.756 meter (total depth). Kemudian untuk sirkulasi sedang membersihkan lubang sambil perbaikan properties lumpur. 

Untuk kegiatan cabut rangkaian PDC 8-1/2″ + BHA DD sambil pump out dari 2.756 hingga titik 1.263 meter (OP 30 klbs di kedalaman2.7462.705, dan 2.696 meter). 

“Rencana dan persiapan lanjutan Loging O/H (Open Hole) atau utk penelitian prospek formasi,” imbuhnya.

Lebih lanut Agus menjelaskan, setelah total dept drilling ini akan  dilanjutkan dengan penelitian  kandungan hidro karbon berdasarkan target kedalaman sumur, yang akan memakan waktu, maksimum 60 hari. Penelitian tersebut untuk mengetahui kondisu sumur.

”Hingga tahap akhir, komplesi sampai ring-down maksimum membutuhkan waktu 60 hari, diharakan semua berjalan dengan baik,” tambahnya.  

Diketahui, sumur TPN-2 yang sedang dilakukan eksplorasi ditargetkan berproduksi sebesar 250 bph – 300 Barel. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.