Harga Cabai Rawit Kembali Meroket

kotatuban.com – Harga cabai rawit di pasaran Kabupaten Tuban kembali meroket tajam. Sebelumnya harga cabai rawit merah beekisar Rp100 ribu lebih perkilogramnya. Kali ini harga bumbu dapur tersebut menembus hingga Rp120.000 per kilogramnya. 

Rumiatun, pedagang bumbu dapur di Pasar Baru Tubam, mengatakan, naiknya harga cabai sudah dirasakan sejak sepekan terakhir. Harga cabai rawit merah menembus hingga Rp120.000 per kilogramnya.

”Sebulan yang lalu harga cabai sempat mencapai Rp11.000 perkilogramnya. Kemudian turun menjadi Rp75 ribu per kilogram. Dan kali ini harga cabai naik tajam menjadi Rp120.000,” ungkapnya.

Menurutnya, mahalnya cabai tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya mahalnya harga cabai hanya bertahan paling lama dua hingga tiga minggu. Dan pada tahun ini mahalnya harga cabai bertahan hampir dua bulan.

”Mahalnya cabai ini mulai akhir akhir tahun 2016 lalu, sampai sekarang. belum ada tanda-tanda akan turun,” tandasnya.

Di samping harga cabai rawit merah, harga cabai rawit hijau juga mengalami kenaikkan meski tidak terlalu signifikan. Saat ini harga cabai jenis ini berkisar antara Rp60.000 per kilogram hingga Rp62.000 per kilogram, dari harga sebelumnya antara Rp55.000 per kilogram hingga Rp58.000 per kilogram. Sedangkan harga cabai kriting masih stabil pada angka Rp45.000 per kilogram hingga Rp50.000 per kilogramnya.

”Kalau satu jenis cabai naik, biasanya cabai lainnya juga naik, karena permintaan cabai banyak, dari petani cabai sedikit,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.