Hari Terahir 4 Parpol Belum Serahkan LDK

kotatuban.com-Empat partai politik (Parpol) belum serahkan Laporan awal Dana Kampanye (LDK) kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban. Padahal hari ini, Kamis (24/4) merupakan hari terahir penyerahan laporan yang wajib diserahkan kepada KPUD jika tidak ingin digugurkan sebagai peserta pemilu.

Empat parpol yang belum menyerahkan laporan yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat (PD) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Kami akan menunggu paling lambat pukul 18.00 (enam sore) nanti. Jika tidak, tentu tidak akan ada toleransi, aturan undang-undang yang akan kami pakai,” ujar Wasis Susilo, Komisioner KPUD Tuban.

Wasis menjelaskan, hingga siang tadi  pihaknya sudah menghubungi sejumlah pengurus parpol yang belum menyerahkan laporan dana kampanye, untuk segera menyerahkan kepada KPUD. Dia juga mewanti-wanti penyerahan paling lambat pukul 18.00, bukan jam dua belas malam (jam nol-nol).

“Kami khawatir, pengurus parpol menganggap laporan terahir hari ini jam 24.00 malam nanti, bukan jam 18.00. Makanya kami tadi sudah berkordinasi dengan pengurus parpol, dan kami sampaikan paling lambat jam 18.00,” jelas wasis.

Seperti diberitakan sebelumnya, jika pengurus parpol tidak menyerahkan laporan dana kampanye tepat waktu, makan sesuai pasal 138 Undang-undang nomer 8 tahun 2012 tentang pemilihan umum DPR, DPD, dan DPRD, parpol yang tidak  menyerahkan LDK akan digugurkan sebagai peserta Pemilu. Sekalipun caleg dari parpol tersebut mendapatkan kursi di DPRD, makan akan dibatalkan karena parpol yang bersangkutan tidak menyerahkan laporan dana kampanye.

“Tentu saja konsekuensinya berat, tapi akan tetap kami tunggu sampai batas waktunya, mudah-mudahan sore nanti semua memberikan laporanya. Beberapa pengurus juga sudah menyatakan siap saat kami hubungi,”  terang Wasis.

Sementara delapa parpol yang sudah menyerahkan laporan dana kampanye kepada KPUD, yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Glongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) dan Partai Hatinurani Rakyat (Hanura).

“Delapan Parpol itu sudh menyerahkan laporanya, dan perlu diingat, tidak ada masa perbaikan setelah hari ini, berbeda dengan periode penyerahan sebelumnya (Tahap satu dan dua) yang ada masa perbaikan setelah hari ahir,” pungkas Wasis. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.