Hewan Kurban Pemkab Tuban Banyak yang Sakit.

Petugas saat memeriksa kesehatan hewan kurban
Petugas saat memeriksa kesehatan hewan kurban

kotatuban.com-Sejumlah hewan kurban dari berbagai pihak yang dikumpulkan Pemkab Tuban ditemukan banyak yang menderita sakit mata. Selain itu juga ditemukan hewan kurban yang kelaminnya tidak sempurna. Petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) sejak pagi memeriksa hewan kurban di Kelurhan Sidorejo sebagai tempat pengumpulan hewan kurban Pemkab Tuban.

Sementara itu dalam pemeriksaan yang dilakukan ditempat pengumpulan sumbangan kurban Pemkab Tuban, di Kelurahan Sidorejo, Tuban, petugas menemukan sejumlah kambng yang berpenyakit seperti peyakt mata, dan satu kambing lain tidak memiliki bagian kelamin yang sempurna.

“Tadi ada y ag sakit mata langsung kami isolasi dan pisahkan dari yang lainnya agar tidak menular. Kami juga langsung memberikan obat. Insya Allah segera sembuh,” ujar Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabpaten Tuban, Cipta Dwi Priyata, Jumat (3/10).

Selain memeriksa hewan kurban yang dikumpulkan Pemkab Tuban, petugas juga mendatangi sejumlah tempat penjualan hewan kurban lainnya.

“Sidak telah kami lakukan sejak seminggu lalu. Selain kami, petugas UPTD Dipertan di kecamatan masing-masing  juga telah kami intruksikan untuk sidak di tempat penjualan hewan kurban,” kata Cipta.

Sidak dilakukan dengan memeriksa kondidi fisik hewan kurban mulai dari mata, telinga, mulut hingga kelamin hewan. Pemeriksaan secara fisik tersebut untuk mendeteksi  adanya penyakit yang diderita hewan, maupun cacat pada hewan sebelum disembelih, agar menghasilkan daging yang memenuhi kriteria  Aman, Sehat, Utuh dan Halah (Asuh).

“Secra fisik hewan harus sehat dan tidak cacat sebelum disembelih. Makanya saat kami temukan tadi kelamin salah satu kambing ada yang tidak sempurna, kami akan laporka kepada pemiliknya,” terang Cipta. (kim)

 

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.