Hindari Konflik Sosial, Bentuk Tiga Pilar Kemanan

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Polres Tuban, dan TNI bersama-sama membentuk program tiga pilar dalam pengamanan wilayah. Pembentukan program tiga pilar tersebut berlangsung di Pendopo Krido Manunggal, Kamis (20/2).

Suasana pembentukan tiga pilar keamanan
Suasana pembentukan tiga pilar keamanan

Direktur Binmas Polda Jatim, Kombes pol Suharno, saat ditemui sejumlah wartawan setelah acara tersebut mengungkapkan, tiga pilar tersebut terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa. Tiga pilar tersebut juga menjadi program atensi Polda Jatim dalam rangka bersama-sama cipta kondisi wilayah. ”Dengan adanya kerjasama yang baik antara tiga pilar tersebut diharapkan dapat menjaga Kamtibmas diwilayah masing-masing,” ungkapnya.

Menurutnya, keberhasilan program tiga pilar diperlukan kerjasama dan dukungan serta partisipasi dari seluruh elemen atau lapisan masyarakat. Karena tanpa dukungan penuh dari masyarakat Kamtibmas mustahil akan terwujud. ”Kenapa tiga pilar harus bersama-sama, karena tanpa kebersamaan mustahil segala permasalahan bisa terselesaikan dengan baik, karena itu kebersamaan sangat penting, dalam rangka menanggulangi berbagai macam gangguan Kamtibmas,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya tiga pilar keamanan ini, penanganan konflik sosial menjelang Pemilu Legslatif bisa lebih optimal dan pada gilirannya situasi kemanan semakin kondusif. Tiga pilar, kepala desa, Babinsa, babinkamtipmas saling bau membau dalam menyelesaikan konflik sosial.
Dengan kordinasi tiga pilar ini juga, diharapkan mampu menigkatkan keamanan serta menekan potensi kerawanan yang mungkin akan muncul menjelang pelaksanaan pemilu. Kepala Desa, Babinsa, Bhabin Kamtibmas merupakan ujung tombak, dalam fungsi keamaan dan pengendalian masalah sosial. Oleh karena itu diperlukan sinergitas yang kuat dari ketiganya untuk menjadi sebuah komponen utama dalam usaha untuk mencapai suatu keberhasilan.

“Semua dianggap  rawan. Semua akan kami amankan tidak ada wilayah khusus semua akan kami awasi, dengan sinergi yang baik tiga pilar itu,” sambung Kombespol Suharno.

Bhabin Kamtibmas melaksanakan tugas pembinaan kepada masyarakat di desa, Babinsa melakukan tugasnya menjaga keamanan dan pertahanan wilayah dan kepala desa yang bertugas membangun dan menata pedesaan. Dengan satu tujuan demi keberhasilan pembangunan desa ditempat mereka berada.

Dalam pembentukan tiga pilar di Pendopo Tuban tersebut dihadiri oleh Kepala desa se Kabupaten Tuban, Kapolsek se Kabupaten Tuban, dan Komandan Koramil se Kabupaten Tuban. (duc/kim)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.