Jam Sekolah Ditambah, Beban Siswa Semakin Berat

Kurikulum 13 menambah beban siswa
Kurikulum 13 menambah beban siswa

kotatuban.com-Langkah pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan menerapkan kurikulum 2013 (K13) rupanya tidak berjalan mulus. Selain kendala distribusi buku panduan yang tidak kunjung tuntas, penambahan jam pelajaran bagi siswa juga dirasakan cukup berat. Bagaimana tidak, jam pelajaran yang dimulai pukul 07.00 sampai 14. 00 ditambah menjadi 07.00 hingga 16.00. Bahkan, tidak menutup kemungkinan tambahan jam tersebut akan membuat siswa mersa jenuh.

Kasi Kurikulum SMP, SMA/SMK Disdikpora Tuban, Heni Indriana saat dikonfirmasi mengatakan, sebagaimana aturan pendidikan, penambahan jam merupakan bagian dari implementasi kurikulum 13, yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan.

“Memang aturanya seperti itu dan ini juga untuk meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri,” kata Heni.

Dia menjelaskan, jam belajar siswa diberlakukan untuk siswa SMA/SMK yang duduk dikelas 10 dan 11. Penambahan jam belajar ini diberlakukan pada sekolah sasaran, atau sekolah yang menjadi percontohan implementasi k13 sebelum pelaksanaan menyeluruh di Kabupaten Tuban. Sekolah tersebut meliputi, SMAN 3 Tuban, SMAN 1 Tuban, SMAN 2 Tuban, SMAN 4 Tuban, SMAN 1 Plumpang, SMAN 1 Kenduruan, SMKN 1 Tuban, SMKN 2 Tuban dan SMK Taruna Jaya Prawira (TJP) Tuban.

Sementara itu, terkait jenuh, yang mungkin akan dialami siswa, Heni meminta, guru harus bisa membuat suasana kelas menjadi nyaman dan bersahabat, karena waktu belajar cukup panjang.

“Jika ini tidak disikapi dengan baik, sudah pasti siswa akan malas dan jenuh. Ya guru harus pandai-pandainya membawa peserta didik agar tidak jenuh belajar,” imbuhnya. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.