Jamin Hak Anak Kukuhkan Forum Anak Ronggolawe

Wabup Noor Nhar saat mengukuhkan Forum Anak Ronggolawe Tuban
Wabup Noor Nhar saat mengukuhkan Forum Anak Ronggolawe Tuban

kotatuban.com-Wakil Bupati Tuban kukuhkan kepengurusan Forum Anak Ronggolawe masa bhakti 2016-2018 di gedung Korpri, komplek Pendopo Krida Manunggal Tuban. Kegiatan itu juga bersamaan dengan seminar dan sosialisasi fasilitas lembaga perlindungan anak, Selasa (02/08).

Wakil Bupati Tuban usai acara pengukuhan mengatakan, forum anak merupakan media aspirasi bagi anak dalam mengeluarkan pendapat minat serta bakatnya sesuai amanat Undang-undang perlindungan anak 23 tahun 2002. Dengan begitu anak-anak akan memperoleh hak –hak mereka sebagai anak, baik untuk memberoleh perlindungan dari kekerasan maupun hak untuk belajar dan menuntut ilmu serta mengeluarkan pendapat.

“Ini sangat penting, karena dalam forum ini anak dapat menyalurkan uneg-unegnya. Perlu dipahami anak tidak perlu dipaksa, mereka sejatinya butuh bimbingan bukan paksaan, agar mereka mampu mengesplor diri mereka,” terang Wabup.

Pemerintah daerah melalui badan pemberdayaan masyarakat desa, pemerintah desa dan keluarga berencana (Bapemas, pedes dan KB) juga akan memfasilitasi kegiatan yang berhubngan dengan peningkatan pembangunan forum anak, unuk menuju Kabupaten Tuban layak anak.

“Meski tidak langsung,  kami secara bertahap akan mendukung program ini, memang anggaran kami untuk ini sedikit namun kami akna terus mendukung forum seperti ini,” katanya

Diakui wabub, kekerasan anak memang masih sering djumpai, meski tidak secara detail menyebutan jumlahnya, phaknya menyadari banyak klasus yang tidak terekspos. Pengawasan terhadap perilaku keras terhadap anak menang juga belum bisa dlakukan dengan maksimal terutama daerah-daerah pinggiran.

“Kami memang kesulitan mengawasi kekerasan yang terjadi kepada anak, terutama di daerah pinggiran, makanya kami berharap dengan forum ini nantinya monitor bisa kami lakukan menyeluruh, karena peserta forum ini dari berbagai wilayah,” imbuh Wabup ini.

Forum Anak Ronggolawe periode 2016-2018 diketuai Erlyna Afristia siswa MAN Tuban dan sejumlah pengurus lainnya. (kim)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.