Disperta Jamin Tuban Aman Flu Burung

kotatuban.com-Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Tuban, pastikan daerah Tuban bebas virus flu burung. Pasca temuan virus yang juga dikenal dengan virus H5N1 di Lamongan serta Banyuwangi membuat warga khawatir terutama konsumen dan pedagang ayam.

“Tuban sejauh ini masih bebas flu burung, kami juga belum menerima laporan terkait hal tersebut,” ujar Kabid Peternakan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban Pipin Diah Larasati, Rabu (23/03).

Pippin menjelaskan, pihakya juga telah mengintruksikan seluruh petugas Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertanian di kecamatan-kecamatan untuk melakukan pemantauan lapangan, terutama di lokasi-lokasi peternakan unggas, guna mengantisipasi kasus flu burung.

“Kita juga intruksikan jajaran UPTD agar melakukan pengawasan, kemudian melaporkan jika ada temuan,” katanya.

Selain itu lanjut Pipin, pemantauan ketat juga dilakukan di pengepul ayam di pasar tradisional. Selain meminta surat keterangan sehat dari daerah pemasok juga memeriksa sampling (acak) ayam yang masuk, dan memisahkan atau mengkarantina ayam yang diketahui kurang sehat agar tidak menular.

“Pengepul ayam di pasar tradisional juga kita awasi, kita juga minta surat keterangan bebas penyakit dari pemasok, sayangnya tidak semua pemsok ayam melengkapi surat ini,” tambahnya.

Disampaikan Pipin, Kabupaten Tuban termasuk daerah potensi penyebaran virus flu burung dari luar daerah, dikarenakan hampir sebagian besar ayam yang beredar merupakan ayam kiriman dari daerah Kediri dan Blitar.

“Untunglah temuan flu burung bukan dari dua daerah pemasok itu, karena memang ayam di Tuban ini kebanyakan dipasok dari luar,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumya, isu penyebaran virus flu burung membuat omset dagangan para penjual daging ayam dipsar tradisional Kabupaten Tuban  menurun drastis. Bahkan penjualan merosot hingga limapuluh persen dari hari biasanya. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.