Kelas Rusak, Siswa Terpaksa Belajar di Rumah Dinas

Kondidi gedung sekolah SDN Penidon, Plumpang
Kondidi gedung sekolah SDN Penidon, Plumpang

kotatuban.com – Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Penidon V, yang berada di Desa Penidon, Kecamatan Plumpang terpaksa harus belajar di rumah dinas (rumdin) guru. Pasalnya, sekolahan tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.

Pantauan kotatuban.com dilapangan, Rabu (24/09) sekolahan dasar tersebut mengalami kerusakan cukup parah, plafon sudah banyak yang copot dan berlubang sehingga hal tersebut sangat membahayakan siswa. Selain itu, tembok sekolahan tersebut juga sudah banyak yang mengelupas. Bahkan, lantainya yang terbuat dari tekel juga sudah banyak yang copot.

”Sekolahan ini sudah rusak parah, bahkan beberapa ruangan juga sudah tidak bisa ditempati. Sehingga, sebagian siswa terpaksa harus belajar di rumah dinas guru,” terang Kepala SDN Penidon V, Sukartik saat dikonfirmasi kotatuban.com.

Menurutnya, rusaknya sekolahan tersebut sudah terjadi sejak tahun 2009 yang lalu. Saat itu, pihak sekolahan juga sudah mengajukan proposal

Siswa berlajar di rumah dinas guru
Siswa berlajar di rumah dinas guru

perbaikan gedung kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban. Dan dinas menyetujui pembangunan tersebut pada tahun 2011. Namun, dana yang akan dicairkan hanya sebesar Rp 133 juta untuk tiga lokal kelas.

”Waktu itu, kami pihak sekolah bersama komite langsung melakukan rapat, dan kami sepakat untuk menolak dana tersebut. Karena dana segitu pasti tidak mencukupi untuk pembangunan tiga lokal kelas,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sukartik mengatakan, Dinas Pendidikan juga menjanjikan akan melakukan renovasi berat pada tahun 2015 mendatang.

”Dinas berjanji akan melakukan renovasi pada tahun 2015. Kami berharap hal itu bisa terlaksana, sehingga, siswa bisa belajar dengan tenang,” pungkasnya. (duc)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.