Kembangkan Sapi Potong Pemkab Gandeng Pihak Ketiga

kotatuban.com – Bupati Tuban, Fathul Huda meneken Memorandum of Understanding (MoU) pengembangan kluster sapi potong di Kabupaten Tuban. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV dengan Pemerintah Kabupaten Tuban, Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur, Kantor Pertanahan Kabupaten Tuban dan PT. Holcim Indonesia, Tbk. Pabrik Tuban, di Pendopo Krido Manunggal, Jumat (05/12).

image

Bupati Tuban, Fathul Huda dalam sambutannya mengungkapkan, diharapkan penandatanganan kesepahaman pengambangan kluster sapi potong ini bisa menjadi masa depan cerah perkembangan populasi sapi potong di Kabupaten Tuban.

”Pemkab Tuban saat ini sedang mengupayakan terealisasinya strategi pengembangan dan percepatan peningkatan populasi ternak khususnya sapi potong,” ungkapnya.
Menurutnya, upaya tersebut antara lain mensinergikan pengembangan sistem usaha agribisnis hulu berupa pembibitan ternak, agribisnis primer berupa budi daya peternakan dan agribisnis hilir berupa pengolahan komoditi pertanian menjadi pakan ternak.

”Dan yang tidak kalah penting penguatan sub sistem penyedia agribisnis seperti perkreditan, transportasi, pergudangan dan rumah potong hewan,” tandasnya.
Selain itu, Pemkab Tuban juga akan melakukan kerjasama penelitian, penentuan kelompok sasaran, mekanisme, pengelolaan, pembinaan berkelanjutan dan pengalokasian anggaran secara bertahap melalui APBD Kabupaten Tuban, APBD Propinsi dan APBN.

”Kita juga mengoptimalkan dukungan perusahaan, perbankan, BUMD dalam rangka peningkatan populasi ternak melalui program  CSR,” ujar Bupati Huda.

Lebih lanjut, Bupati Huda mengatakan, agar dalam perencanaan program pengembangan kluster sapi potong, hendaknya dilakukan melalui koordinasi dan sinkronisasi dengan program prioritas pembangunan daerah terutama bidang peternakan, baik yang telah ada, sedang dan akan dilaksanakan.

”Dengan adanya Nota Kesepahaman ini diharapkan akan terjadi sinergi program-program kerja dari masing-masing pihak sehingga mampu menghasilkan solusi komprehensif terkait dengan permasalahan dibidang peternakan khususnya pengembangan Agribisnis sapi,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.