KPUK Kembali Coret 1.6.41 DPT Pileg

kotatuban.com – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Tuban untuk Pemilihan anggota legislatif kembali menurun. Menurunnya, jumlah DPT tersebut terungkap saat rapat pleno penetapan kembali DPT di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Sabtu (18/1).

Rapat validitasi DPT Pileg 2014
Rapat validitasi DPT Pileg 2014

Penetapan kembali DPT Pileg yang dihadiri Komisioner KPU Tuban, Panwaslu Kabupaten Tuban, perwakilan Partai Politik, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Tuban. Dalam kegiatan tersebut DPT Kabupaten Tuban ditetapkan sebanyak 922.857 pemilih. Jumlah tersebut terdiri dari 454.799 pemilih laki-laki, dan 468.058 pemilih perempuan.

Divisi Pendaftaran KPUK Tuban Yayuk Dwi Agus Sulistiorini saat dikonfirmasi kotatuban.com seusai penetapan DPT tersebut mengungkapkan, jumlah DPT Kabupaten Tuban mengalami penurunan sebanyak 1.641 pemilih. Karena penetapan DPT Kabupaten Tuban sebelumnya berjumlah 924.428. ”Penetapan DPT untuk Pileg ini sudah kita lakukan lima kali. Dan DPT yang kelima ini jumlahnya menurun 1.641 pemilih dari penetapan DPT yang keempat sebanyak 924.428 pemilih,” ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya penurunan jumlah DPT tersebut. Antara lain, meninggal dunia, Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda, pindah domisili, masuk TNI/Polri, dan beberapa faktor lainnya. Selanjutnya, untuk jumlah DPT yang ditetapkan KPU kali ini telah dilakukan singkronisasi terlebih dahulu sebelum dilakukan penetapan. ”Hal ini kita lakukan untuk validitas data yang kita peroleh,” tandasnya.

Lebih lanjut Yayuk mengatakan, dalam proses sinkronisasi tersebut KPU tidak sendiri melainkan bersama dengan Panwaslu Tuban, Pengawas Kecamatan dan PPL. Selain itu, juga ada hal lain yang ditemui dalam sinkronisasi tersebut dimana sesuai dengan instruksi adanya pendataan dengan berdasar pada Nomor Induk Kependudukan (NIK), ternyata ditemui dibeberapa penduduk yang tidak memiliki NIK. ”Namun oleh PPS dan PPK mereka telah divalidasi, dan saat ini sudah beres semua,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.