Dengan TPS Keliling, KPUK Tuban Tetap Layani Pasien Gunakan Hak Pilih

kotatuban.com– Sejumlah ibu hamil dan pasca melahirkan, serta sejumlah pasien yang yang tengah menjalani perawatan di RSUD Dr Koesma Tuban, tetap dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2014 yang berlangsung hari ini, Rabu (9/4).

 

Melalui TPS keliling yang diadakan oleh KPUK Tuban, sejumlah pasien didatangi satu persatu di ruang perawatannya untuk menggunakan hak pilihnya. Meski sedang sakit, para pasien tampak antusias saat beberapa petugas KPPS mendatangi mereka.

 

Memang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban tidak menyediakan TPS khusus untuk melayani pasien maupun keluarganya, namun pihak KPUK Tuban memerintahkan kepada petugas KPPS yang berjarak paling dekat dengan rumah sakit agar berkeliling melayani pasien maupun keluarganya. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan warga yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit, memberikan hak suaranya.

 

Sejumlah pasien RSUD Tuban sedang menggunakan hak pilihnya
Sejumlah pasien RSUD Tuban sedang menggunakan hak pilihnya

“Total ada delapan TPS yang berkeliling untuk memfasilitasi hak pilih pasien, maupun keluarga pasien di rumah sakit. Delapan TPS tersebut kita ambil dari kelurahan yang terdekat dengan rumah sakit, karena mereka juga memiliki hak yang sama,” terang Yayuk Dwi Agus Sulistyorini, Komisioner KPUK Tuban.

 

Yayuk menjelaskan, KPUK Tuban sebelumnya telah melakukan pendataan jumlah pasien, dengan jumlah total 382 pemilih, jumlah tersebut belum termasuk pasien yang baru masuk.

 

“Pasien atau keluarga pasien dapat menyalurkan hak pilihnya dengan menunjukan surat A-5 kepada petugas. Kalau tidak, dapat menunjukkan identitas baik KTP atau identitas lainnya,” papar Yayuk.

 

Adapun surat suara yang diguakan untuk keliling rumah sakit, merupakan surat suara cadangan, sehingga keluarga pasien maupun pasien yang masih dirawat tetap dapat memberikan hak suara melalui TPS keliling tersebut.

 

”Untuk jumlah total surat suara yang kita bawa sebanyak dua persen dari surat suara cadangan, ditambah pemilih yang sudah dipastikan tidak hadir dari tiap TPS itu. Jadi Insya Allah cukup,” pungkas Yayuk.

 

Seperti pada pelaksanaan pemilu sebelumnya, KPUK Tuban selalu berusaha untuk memaksimalkan jumlah partisipasi pemilih. Pemilih dalam kategori khusus, seperti pemilih yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit maupun pemilih yang sedang menjalani hukuman tetap mendapat layanan untuk menggunakan hak pilihnya. Untuk itu, selain mengadakan TPS keliling, KPUK Tuban juga membuka TPS khusus untuk para tahanan. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.