MAF Dibobol Karyawannya Sendiri, Kerugian Rp 1,5 M

Tersangka saat di Polres Tuban
Tersangka saat di Polres Tuban

kotatuban.com – PT Multindo Auto Finance (MAF) yang berada di Jalan Letda Sucipto, Kelurahan Perbon dibobol oleh karyawannya sendiri. Diketahui, karyawan yang membobol perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor tersebut bernama Mohammad Isan Bin Anwar Djoni (25) warga Kabupaten Makasar, Propinsi Sulawesi Selatan.

Waka Polres Tuban, Ali Mahfud dalam pers relesasenya, Selasa (01/07) mengungkapkan, dalam pencurian tersebut, Mohammad Isan membawa kabur 12 Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil, 15 lembar cek dari berbagai bank, 1 buah laptop, dan 1 buah kamera. ”Selain itu, tersangka juga membawa uang tunai sebanyak Rp 5.175.000. Kalau semua ini diuangkan kerugian MAF sekitar Rp 1,5 miliyar,” ungkapnya.

Menurutnya, sedangkan kronologi pencurian tersebut, pertama kali diketahui oleh Herry Tri Prasetyo (35), yang merupakan karyawan MAF. Saat itu, dia akan mengecek uang dan barang-barang milik nasabah yang ada didalam laci. Saat mengecek laci tersebut, Herry mengetahui uang, BPKB, dan beberapa lembar cek milik nasabah telah hilang dan brangkasnya telah rusak. Kemudian kejadian tersebut dilaporkan kepada pihak kepolisian.

”Setelah itu, petugas mendatangi TKP dan melakukan pemeriksaan terhadap saksi. Dan akhirnya menyimpulkan bawa yang melakukan pencurian itu adalah salah satu karyawan MAF sendiri,” terang Waka Polres.

Kemudian, lanjut Waka Polres, petugas kepolisian melakukan pengejaran terhadap pelaku. Pengejaran tersebut hingga ke Pemalang Jawa Tengah. Bahkan, pelaku juga sempat menghubungi pihak perusahaan untuk meminta tebusan terhadap barang-barang yang dibawanya sebesar Rp 75 juta.

”Pelaku tersebut berhasil kita tangkap saat berada di Pemalang. Kemudian setelah tertangkap kita bawa ke Tuban. Selain itu, tersangka kita jerat dengan Pasal 363 ayat 1 KUHP tentang perkara tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan ancamaman penjara paling lama 7 tahun,” pungkasnya. (duc)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.