Dan Turis Pun Kagum Menyaksikan Prosesi Siraman

Mahasiswa asing asik saksikan siraman sindir
Mahasiswa asing asik saksikan siraman sindir

kotatuban.com – Ada yang istimewa pada agenda siraman waranggono di Kabupaten Tuban kali ini. Pasalnya, pada ritual siraman waranggono yang berlangsung di Pemandian Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Rabu (27/08) tersebut juga disaksikan oleh mahasiswa dari mancanegara.

Mahasiswa asing yang menyaksikan acara ritual siraman waranggono tersebut sebanyak 18 mahasiswa yang datang dari berbagai negara. Mahasiswa tersebut antara lain datang dari Pakistan, Malaysia, Palestina, Afganistan, Nepal, Madagaskar, dan dari berbagai negara lainnya.

”Ya, ini ada 18 mahasiswa yang datang dari berbagai negara. Mahasiswa tersebut adalah mahasiswa asing yang kuliah di Indonesia. Kami sengaja mendatangkan mereka untuk mengenalkan budaya bangsa Indonesia khususnya budaya asli Tuban kepada para mahasiswa tersebut,” terang, Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban, Farid Akhmadi, saat dikonfirmasi kotatuban.com.

Sementara itu, Muhammad Ayub, mahasiswa asal negara Afganistan mengatakan, bahwa kegiatan ritual siraman waranggono ini sangat menarik sekali. Selain itu, kegiatan budaya yang ada di Tuban tersebut juga sangat bagus. ”Kegiatan ini bagus sekali. Dan saya sangat senang sekali bisa menyaksikan ritual ini,” ujarnya dengan bahasa Indonesia yang belum begitu fasih.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan ritual siraman waranggono dilaksanakan di Pemandian Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Rabu (27/08). Sedangkan, ritual siraman waranggono tersebut diikuti oleh 99 orang waranggono, 32 orang pramugari, dan 63 orang pangrawit. (duc)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.