Maksimalkan Pengawasan Pemilu, Panwas Bentuk Relawan Mitra PPL

kotatuban.com – Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban berencana akan merekrut relawan untuk membantu tugas Panitia Pengawas Lapangan (PPL). Perekrutan ini untuk lebih memaksimalkan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban Sullamun Hadi, saat dikonfirmasi kotatuban.com, Minggu (16/2) mengungkapkan, nantinya para relawan yang dikenal sebagai mitra PPL ini akan disebar pada setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada diseluruh Kabupaten Tuban. Komposisinya, satu orang relawan bertugas disatu TPS.

Sullamul Hadi, Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban
Sullamul Hadi, Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban

”Kita sudah mengintruksikan kepada Panwascam se Kabupaten Tuban untuk mencari relawan sebagai mitra PPL,” ungkap sullamul Hadi.

Menurut Sullamul Hadi,  relawan yang menjadi mitra PPL ini hanya bertugas melaporkan kepada PPL jika melihat pelanggaran pemilu. ”Relawan ini sifatnya hanya membantu pengawasan PPL saja. Dan kewenangannya hanya sebatas menginformasikan saja,” tuturnya.

Lebih lanjut Gus Hadi, panggilan akrab Sullamul Hadi, menjelaskan bahwa perekrutan mitra PPL  dilakukan supaya proses pengawasan dalam Pileg yang akan digelar 9 April 2014 mendatang berjalan aman, lancar, jujur, dan  adil.

”Kita berharap dengan adanya relawan mitra PPL ini dapat memaksimalkan pengawasan PPL sebagai penyelenggara Pemilu ditingkat paling dasar, yang berhadapan langsung dengan para pemilih,” pungkas Sullamul Hadi. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.