Mentan Bantu Pemkab Rp 3 M untuk Irigasi

Mentan (baju putih) bersama Wabup Tuban saat meninjau saluran air di Rengel
Mentan (baju putih) bersama Wabup Tuban saat meninjau saluran air di Rengel

kotatuban.com – Kementerian Pertanian Republik Indonesia berjanji akan memberikan dana sebesar Rp 3 miliar untuk petani yang ada di Kabupaten Tuban. Rencananya, dana yang akan diterimakan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban tersebut untuk pembuatan saluran irigasi.

Janji akan diberikannya dana sebesar Rp 3 miliar untuk saluran irigasi areal pertanian di Kabupaten Tuban tersebut dikatan secara langsung oleh Menteri Kedaulatan Pangan dan Pertanian Republik Indonesia, Amran Sulaiman, saat mengunjungi Tuban beberapa waktu lalu.

”Ya, benar Kementerian Pertanian telah berjanji akan memberikan dana sebesar Rp 3 miliar untuk pembuatan saluran irigasi,” ujar, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban, Hery Prasetyo, saat dikonfirmasi kotatuban.com, Kamis (20/11).

Lebih lanjut, Hery mengatakan, untuk areal persawahan yang akan dibangunkan saluran irigasi atau saluran tersier rencananya di Kecamatan Singgahan dan di Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel.

”Untuk di Kecamatan Singgahan saluran irigasi tersebut akan digunakan mengairi sekitar 2.300 hektar sawah. Sedangkan, di Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel sekitar 600 hektar sawah,” ujar mantan Kepala Dinas Pertambangan tersebut.

Sedangkan panjang saluran irigasi di dua kecamatan tersebut sampai saat ini masih dilakukan pengukuran, untuk menentukan secara pasti berapa panjang saluran irigasi yang akan dibangun. Selain itu, Dinas Pertanian Tuban hingga saat ini juga masih melakukan komunikasi kepada Kementerian Pertanian terkait bantuan dana tersebut.

”Kita masih melakukan komunikasi dengan kementerian, apakah dana tersebut akan segera dicairkan? Atau dana tersebut baru akan dianggarkan pada tahun 2015 mendatang. Sehingga, kapan untuk dimulainya pembangunan saluran irigasi tergantung dari Kementerian Pertanian menurunkan dananya,” pungkasnya. (duc)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.