Pemkab Tawarkan Pantai Boom Hingga Terminal ke Investor

Obyek wisata Pantai Boom
Obyek wisata Pantai Boom

kotaatuban.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan tawarkan potensi wisata bahari, sepanjang pantai Boom hingga terminal Kambang Putih, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu atau wisata Terminal Baru Tuban.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan, kondisi terminal baru Tuban yang dia  nilai sebagai proyek gagal menjadi salah satu faktor pemerintah tersebut akan mulai menawarkan wisata laut Tuban untuk dikelola swasta. Sebab keberadaan terminal tersebut saat ini juga dapat dikatakan nganggur. Begitu juga obyek wisata yang satu paket dengan terminal juga belum mampu menarik pengunjung.

“Proyek terminal baru dan obyek wisatanya itu dapat dikatakan proyek gagal. Bagaimana tidak, bangunan sebesar itu dengan kondisi trayek di Tuban sebenarnya kurang pas,” kata Wabub.

Dijelaskanya, jika memang termiinal baru akan difungsikan, paling tidak adalah sebagai lokasi wisata bahari, tentu dengan segala fasilitas pendukung, termasuk wisata air yang memanfaatkan pantai sepanjang Boom hingga terminal.

“Kami akan tawarkan dan membuka kesempatan selebar-lebarnya agar potensi bahari Tuban dari pantai Boom hingga terminal Baru dapat dikelola swasta. Bisa saja nantinya diberikan perahu boot atau permainan air lainnya, tentu dengan savty yang memadai. Kalau kita sendiri sepertinya belum mampu,” terang Noor Nahar.

Disinggung keberadaan Klenteng yang berada ditengah-tengah dua lokaasi wisata (Boom-Terminal). Wabub mengaku juga akan menjadikan lokasi yang sudah dikenal masyarakat sebagai lokasi wisata. Sayangnya, Klenteng Kwan Sing Bio bukan milik Pemkab, sehingga, nantinya hanya sebagai penunjang saja.

“Klenteng tetap akan menjadi bagian dari wisata itu, namun, tentunya tetap dalam batasan tertentu. Karena klenteng bukan milik pemerintah melainkan milik umat Tridharma, ” terang Wabub.

Disampaikan Wabub, untuk tahap awal, memasuki tahun 2015, kawasan Boom akan diurug untuk keperluan parkir sekaligus meramaikan pasar sore Tuban.

” Tahun depan akan kami mulai mengurug sebagian pantai di sisi Boom. Jika memang perlu sebagai fasilitas pendukung akan kami berikan ijin para investor untuk membangun hotel di sisi pantai itu,” imbunya. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.