Pantai Sidomulyo Jadi “Perkampungan Sampah”

Sampah berserakan di pantai
Sampah berserakan di pantai
kotatuban.com – Perkampungan yang ada di pantai Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban dipenuhi dengan sampah. Keberadaan sampah yang menggunung di perkampungan warga tersebut diduga rendahnya tingkat kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Pantauan kotatuban.com dilapangan, Sabtu (13/12), hamparan pantai yang tak jauh dari kawasan padat penduduk itu yang terlihat hanyalah tumpukan sampah yang menimbulkan bau busuk. Kondisi tersebut semakin diperparah dengan tidak adanya upaya untuk membersihkan sampah, namun justru banyak warga yang dengan sengaja membuang sampah ke laut.

Sehingga, gunungan sampah tersebut menimbulkan bau busuk yang sangat menyengat. Tak hanya dibuat sebagai tempat sampah, pantai tersebut juga dibuat tempat buang hajat warga sekitar, sehingga hal tersebut memperparah bau busuk di wilayah tersebut. Namun, parahnya, walaupun tempat tersebut kotor dan bau tempat tersebut masih digunakan tempat main-main anak-anak warga sekita.

“Kalau anak-anak sudah biasa main dipantai tersebut. Bahkan mandi juga dipantai itu,” terang Basiroh (27) warga setempat.

Sementara itu, Lurah Sidomulyo, Bambang Waluyo mengungkapkan, sudah beberapa kali pihak kelurahan berusaha membersihkan sampah-sampah disepanjang pantai tersebut bersama-sama warga. Namun, hal tersebut tidak membuat pantai bersih, karena warga masih membuang sampah dipantai.

”Ya tempat itu sulit untuk dibersihkan, karena warga masih membuang sampah ditempat itu, karena memang daerah situ padat penduduk dan tidak ada tempat sampah. Sehingga, satu-satunya tempat untuk membuang sampah ya pantai,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.