Panwaskab Usulkan Pemilu Ulang

Rekapituaslsi suara di PPK
Rekapituaslsi suara di PPK

kotatuban.com – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaslukab) meminta agar Pemilu Legeslatif untuk DPR RI di Tuban dilakukan coblosan ulang. Hal itu menyusul ditemukannya  caleg ‘slundupan’.

Caleg yang diindikasikan ‘slundupan’ itu dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) atas nama H. Mohamada Aly Shobat. Dalam surat suara H. Mohamada Aly Shobat menempati nomor urut 5. Padahal, nama tersebut tidak tercantum dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Pileg tahun 2014.

”Seharusnya dengan adanya Caleg yang namanya masuk dalam kartu suara, namun, tidak ada dalam DCT ini pemilihan untuk DPR RI di Tuban – Bojonegoro (Dapil IX) harus diulang kembali,” ungkap Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban, Sullamun Hadi saat dikonfirmasi kotatuban.com (17/4).

Caleg ‘slundupan’ itu lanjut Gus Hadi panggilan akrab Sullamun Hadi  di Kabupaten Tuban mendapatkan suara yang lumayan tinggi yakni sekitar 309 suara. Bahkan, suara Caleg ‘slundupan’ tersebut mengalahkan perolehan suara Caleg resmi nomor 6
Muswida SH dari partai yang sama.

”Hal ini dirasa sangat merugikan Caleg lain baik separtai atau partai lain. Sehingga, kami telah melaporkan kejadian ini kepada Bawaslu Jawa Timur, untuk diteruskan kepada Bawaslu RI untuk mengulang pemilihan DPR RI di dapil IX ,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.