Parpol dan Caleg Tandatangani MoU Pemilu Damai

Salah satu perwakilan Parpol saat berjabat tangan dengan Bypati Fathul Huda (batik)
Salah satu perwakilan Parpol saat berjabat tangan dengan Bypati Fathul Huda (batik)

kotatuban.com-Partai politik (parpol) peserta Pemilu bertekad membuat suasana di Tuban tetap aman dan terkendali. Untuk mewujutkan itu, perwakilan Parpol peserta Pemilu 2014 menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) Pemilu damai yang dilaksanakan di aula Mapolres Tuban, Jumat (14/3).

Selain pewakilan Parpol,  acara yang juga  dihadiri Bupati Tuban Fathul Huda, Ketua KPU Tuban, Ketua Panwaslu, Ketua DPRD Tuban dan sejumlah undangan itu, menyepakati sejumlah perjanjian yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2014 damai.

Deklarasi yang di hadiri sekitar 100 undangan tersebut merupakan bentuk komitmen bersama untuk menciptakan suasana aman, tertib, lancar dan kondusif selama tahapan hingga pelaksanaan Pemilu 2014.

“Tim kampanye harus dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian, dan penyelenggara Pemilu. Mereka juga bersedia membersihkan atribut saat hari tenang, dan menjadikan aturan yang berkaitan dengan Pemilu menjadi landasan hukum setiap penyelesaian masalah,”  ujar Kapolres Tuban, AKBP Ucu Kuspriyadi usai penandatanganan MoU Pemilu damai.

Kapolres Tuban, meminta para calon dan tim kampanye mengemas materi kampanye dengan apik, tidak mengangkat hal-hal berbau SARA dan diskriminasi kepada kelompok atau partai lainya. Akan tetapi, lebih menyampaikan program kerja mereka jika terpilih nanti.

“Jangan menyampaikan kampanye berbau SARA ataupun kearah diskriminasi terhaap partai dan kelompok lain,” kata Kapolres.

Adapun materi kesepakatan damai yang dilaksanakan pagi itu diantaranya, peserta Pemilu siap melaksanakan Pileg jujur adil, santun dan bermartabat. Parpol maupun Caleg siap bekerjasama dengan penyelenggara Pemilu, dan Panwaslu. Materi kampanye dilarang mengangkat isu berbau SARA. Bersama petugas keamanan, Polri dan TNI peserta Pemilu siap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

Masing-masing peserta pemilu dan Caleg dapat menerimma keputusan dan hasil pleno, sesuai undang-undang yang berlaku, dan kesepakatan terahir. Peserta Pemilu siap dipilih dan siap untuk tidak dipilih dalam pemilu 2014 dan siap mendukung dan bekerjasama dengan caleg terpilih, melalui pemilu yang demokratis.

“Yang tidak terpilih hendaknya menerima dengan rasa penuh tangungjawab, bangun kesuksesan melalui kemitraan, tertib aman lancar , santun dan bermartabat,” sambung Kapolres. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.