Pemkab Ancam Cabut Izin Perusahaan Tak Pekerjakan Warga Lokal

Wabup Tuban Noor Nahar Hussein
Wabup Tuban Noor Nahar Hussein

kotatuban.com – Banyaknya perusahaan yang berada di Tuban, baik perusahaan kelas regional maupun nasional, bahkan internasional. Sebut saja, Semen Indonesia, Holcim, Petrochina, JOB PPEJ, MCL, dan banyak lagi perusahaan yang berinvestasi di Bumi Wali ini.

Sehingga, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tuban mempunyai kebijakan akan mencabut izin usaha perusahan yang tidak melibatkan dan atau mengrekrut karyawan atau pekerja dari lokasi dimana perusahan tersebut berdiri.

”Perusahan yang masuk dan meminta izin usaha, pertama kalai yang saya tanyakan adalah komitmennya akan tenaga kerja. Bersedia tidak untuk mempekerjakan warga lokal,” ujar Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husain, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Wabub juga meminta kepada semua perusahan yang berada di Tuban untuk mensinergikan skill dan keahlian masyarakat dengan melakukan pengrekrutan secara terbuka. Karena setiap tahunya dikabupaten Tuban, tidak kurang dari sembilan ribu pencari kerja. ”Kalau perusahaan berinvestasi di Tuban juga harus ada timbal baliknya kepada masyarakat,” tandasnya.

Menurutnya, dengan banyaknya perusahaan yang mempekerjakan warga lokal diharapkan mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Tuban. Selain itu, juga mampu menekan angka pengangguran yang ada di Tuban. ”Kami juga berharap agar perusahaan-perusahaan juga meningkatkan SDM masyarakat, sehingga mumpuni saat dipekerjakan,” pungkasnya. (duc)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.